BUMDes Jadikan Peningkatan Perekonomian

KARAWANG–  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang meminta adanya BUMDes ditiap desa dapat meningkatkan tarap perekonomian diwilayah setempat.

“Kehadiran BUMDes di desa, merupakan upaya membentuk, memperkuat dan memperluas usaha ekonomi, yang difokuskan pada produk unggulan di wilayah desa dan dikelola melalui kerjasama antar desa,” kata Sekda kepada para camat se Karawang, pekan lalu.

Menurutnya melalui pengembangan program unggulan desa, peningkatan daya saing desa, percepatan pemerataan desa dan meningkatkan perekonomian desa akan terbangun.

Selain itu kata dia, pengembangan produk unggulan desa (prudes) juga berpotensi meningkatkan daya beli dan kesejahteraan, serta menciptakan kesempatan kerja yang tinggi bagi masyarakat, yang bermuara pada peningkatan pembangunan daerah serta berkontribusi pada roda perekonomian nasional.

“Pengembangan Prudes ini harus banyak berkontribusi dan menguntungkan masyarakat desa. Dalam hal peningkatan kesejahteraan, ekonomi bisnis dan sosial. Karena BUMDesa kan bukan hanya keuntungan finansial, tapi bisnis sosial. Artinya harus memberi kebermanfaatan sosial bagi warga desa, ini bentuk nyata demokrasi ekonomi desa” terang Sekda.

Dia menyebutkan, dalam pelaksanaan pengembangan Prudes akan banyak tantangan yang dihadapi di era saat ini. Keberagaman kondisi desa, tingginya angkatan kerja dengan kompetensi masyarakatnya yang beragam dan permasalahan lainnya harus ada solusinya.

“Dengan adanya pelatihan, pengembangan, pendampingan, dan evaluasi secara berkelanjutan sampai desa menjadi mandiri, dukungan penuh dari pemerintah, menjadikan masyarakat dan swasta turut mendukung serta melaksanakan program tersebut,” pungkasnya.(cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...