Fenomenal Perkembangan PDAM Karawang

KARAWANG – Di bulan Agustus 2019 ini selain menjadi bulan HUT RI ke-74, juga merupakan satu tahun perkembangan PDAM Tirta Tarum dibawah kepemimpinan baru.

Meskipun pada awalnya banyak diragukan kepemimpinannya. Namun fakta menunjukkan perkembangan PDAM Tirta Tarum yang mulai membaik jika boleh disebut fenomenal.

“Bagaimana tidak hanya dalam waktu setahun, perusahaan ini mampu bangkit dari keterpurukan sebelumnya menjadi perusahaan yang sehat dengan manajemen yang solid, handal dan professional. Meskipun masih didera dengan berbagai persoalan masa lalu yang amat pelik, rumit dan sulit, namun sedikit demi sedikit mulai teratasi,” kata Dirut PDAM Tirta Tarum, M Soleh, Selasa 26 Agustus 2019.

Dihadapkan kepada tugas utama sebagai perusahaan pelayanan publik bidang air bersih/air minum, tetapi juga sambil mengurai benang kusut di masa lalu menjadi prestasi. Dengan niat baik dan tekad kuat, manajemen baru mengusung motto ”BEST (BErikan Service Terbaik I)” kepada seluruh pelanggan dan stakeholdersnya.

“Telah dibuktikan selama setahun terakhir dengan penuh semangat yang diiringi dengan kerja nyata, inovasi, kolaborasi dan sinergy dari seluruh lini organisasi,” ujarnya.

Di peringatan setahun kepemimpinan direksi baru, ijinkan kami menyampaikan beberapa capaian yang dapat kami torehkan untuk masyarakat Karawang, diantaranya adalah sebagai Transformasi PDAM Tirta Tarum dari birokrasi menjadi korporasi, dari dilayani menjadi melayani, dari tidak diperhitungkan menjadi excellent, dari zona nyaman menjadi zona penuh tantangan dan dari PDAM yang gaduh menjadi PDAM yang teduh.

‘Konsolidasi internal seluruh lini organisasi menuju PDAM yang bersih berdasarkan Good Corporate Governance (GCG) termasuk penataan organisasi, pengisian 30 jabatan kosong di awal kepemimpinan kami. Motto BEST (BErikan Service Terbaik l), Deklarasi Bangkit 21 November 2018 dan Deklarasi Nilai Inti PDAM Tirta Tarum (BEST SERVICE) 31 Desember 2018,’ kata dia.

Lanjutnya peningkatan layanan pelanggan berbasis teknologi online, responsive, cepat tanggap dan akurat termasuk media social facebook, instagram, twitter, email, web, call center 24 jam 082149024459 bahkan aplikasi SIPAKAR (Sistem informasi Pelayanan Air Karawang) yang terintegrasi dengan aplikasi TANGKAR.

“Optimalisasi produksi, distribusi, layanan dan efisien, efektif, ekonomis dan ramah lingkungan : a. Optimalisasi system produksi, distribusi dengan perbaikan jalur dan revisi systemnya b. Penurunan NRW sebesar dari 21.65 % menjadi 19.63 %, Efisiensi Penagihan dari 82% menjadi 84%, pola konsumsu tetap 18 m3 dan peningkatan DRD sebesar :t 15% dari Rp 6.6 M menjadi Rp 7.6 M. C Efisiensi bahan kimia, efisiensi energy (PLN), efisiensi produksi dan distribusi. D Efisiensi sumber daya manusia sesuai dengan skala prioritas dengan prinsip professional. E, Efisiensi investasi, biaya dan system pengendalian internal secara ketat,akurat dan bermartabat. Efisiensi di segala bidang dengan tanpa mengurangi kualitas layanan & sesuai kaidah manajemen,” tambahnya.

Lanjutnya meningkatkan jumlah pelanggan dari 72.000 SL menjadi 83.000 SL (meningkat : 15%) dalam setahun terakhir, peningkatan yang signifikan ini dicapai melalui program Gebyar Promo, Amnesti PDAM, SR MBR 2019 dan program reguler. Mendapatkan kepercayaan hibah SR MBR Perkotaan sebesar 3.750 SL senilai Rp. 11.25 M dan hibah dari USAID & SECO (pemerintah AS & Swiss) untuk Program Efisiensi Energy dan NRW senilai kurang lebih Rp. 5M dalam bentuk Technical Assistance (TA), Capacity Building (CB) dan Performance Base Grant ( PEG).

“Amnesti PDAM (Bulan Bebas Denda) bulan November 2018, meskipun belum optimal tapi cukup meningkatkan Pendapatan 5% dari sebelumnya, dan melihat antusias pelanggan maka kami bermaksud meluncurkan Amnesti PDAM/Bulan Bebas Denda 2019 dengan menggandeng Kejari Karawang,” lanjut Dirut.

Kemudian kondisi keuangan sehat, cash flow sehat dan kondisi perusahaan sehat dengan audit kinerja balk (score 60.16 Kepmen No. 47/99, naik dari sebelumnya 56.80) dan sehat (score 3.44 BPPSPAM, naik dari sebelumnya 3.17) serta audit keuangan KAP dengan predikat WDP.

Kerjasama dengan beberapa pihak dalam meningkatkan pelayanan baik dengan PJT II, mitra-mitra PPOB, Perbankan, Perumnas, PP, dan swasta (termasuk pelayanan sector industry dan Niaga seperti Lotte, Sentraland,
Summarecon, Perumnas, Galuh Mas, Grand Taruma, Resinda, Rumah Sakit, dan lain-lain).

“Selain hai-hal di atas juga beberapa hal telah diselesaikan diantara berbagai permasalahan PDAM Tirta Tarum di masa lalu, seperti masalah tanah Pedes, denda tagihan listrik, angsuran kewajiban perpajakan dan lain-lain secara bertahap tapi pasti mulai menemui titik terang. Meskipun demikian masih ada beberapa permasalahan yang masih dalam tahap penyelesaian dengan pihak lain, semoga hal ini tidak mengganggu fokus pelayanan kami untuk memberikan yang terbaik,” pungkasnya.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...