Tensai Nihongo Bunka Gakuin dan The Japan Foundation, Gelar Cinema Caravan Pertama di Karawang

KARAWANG – Untuk pertama kalinya di Karawang, The Japan Foundation bekerja sama dengan Tensai Nihongo Bunka Gakuin serta Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang akan mempersembahkan Cinema Caravan. Acara tersebut merupakan kegiatan pengenalan bahasa dan kebudayaan Jepang melalui pemutaran sebuah film berjudul “Shodo Girl: Watashitachi no Koshien,” yang akan ditonton bersama layaknya menonton film di bioskop pada umumnya.

Tentu, film yang akan ditonton disini sudah memiliki hak izin atau legalisasi untuk ditayangkan. Lain halnya dengan menonton film secara bajakan yang jelas-jelas perbuatan illegal. Owner Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang, Deti Deviani mengatakan, film ini bercerita tentang kehidupan di Jepang, khususnya perlombaan seni kaligrafi Jepang yang biasa disebut Shuuji. “Di film ini juga terkandung nilai positif berupa pentingnya arti sebuah perjuangan, kerja keras dan kerja tim dalam menekuni suatu hal yang hendak kita capai,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Rabu (18/9).

Deti menambahkan, selain menonton film, Cinema Caravan juga menyajikan kegiatan lain diantaranya yaitu pengenalan shuuji melalui praktik secara langsung oleh praktisi ahli dibidangnya, serta pengenalan cara memakai kimono atau yukata dengan benar yang biasa digunakan saat musim panas di Jepang. “Selain itu, juga terdapat kegiatan menarik lainnya yang masih dalam tahap proses konfirmasi,” katanya.

Masih Deti menambahkan, bahwa Cinema Caravan ditujukan utamanya bagi kalangan pelajar SMP kelas IX agar memiliki wawasan budaya yang luas serta semangat sungguh-sungguh dalam mempelajari Bahasa Jepang di masa yang akan datang. Hal tersebut dikarenakan sudah diwajibkannya mata pelajaran Bahasa Jepang di kurikulum pada tingkat SLTA. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang untuk menyebarkan surat izin kepada masing-masing pihak sekolah agar mengirimkan perwakilan siswanya maksimal sejumlah lima orang.

“Diluar dari itu, acara kami juga terbuka untuk pelajar SMA dan Perguruan Tinggi yang kami undang untuk hadir, serta masyarakat umum yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai siswa dan alumni Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang,” paparnya.

Sambung masih Deti menambahkan, bagi masyarakat umum yang ingin mendaftar kursus di Tensai Nihongo Bunka Gakuin ini cukup dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.100.000, lalu siswa akan mendapatkan fasilitas berupa satu buah buku pelajaran Bahasa Jepang dan sebuah kartu siswa yang telah terkoneksi dengan rekening Bank BJB Syariah. Kemudian, terdapat keuntungan khusus bagi siswa yang telah memiliki kartu tersebut dengan bebas biaya admin untuk Penarikan Tunai di semua ATM Bersama.

“Peserta Cinema Caravan dibatasi hanya 140 orang saja, menyesuaikan dengan kapasitas GOR. Kemudian, peserta yang hadir akan mendapatkan snack dan merchandise ekslusif berupa Goodie Bag secara gratis. Selain itu, kami juga mengundang perwakilan dari beberapa pihak perusahaan sponsorship dan The Japan Foundation untuk bisa datang ke acara Cinema Caravan ini,” jelasnya.

Deti juga mengatakan, pihaknya berharap agar kedepannya bisa rutin melaksanakan kegiatan serupa setiap tahunnya demi menjalin hubungan yang lebih erat antara Jepang dan Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang, melalui Tensai Nihongo Bunka Gakuin dan The Japan Foundation dalam segala bidang salah satunya bidang pendidikan.

“Cinema Caravan digelar pada Rabu, 25 September 2019 dan bertempat di GOR Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, tepatnya di Jalan Surotokunto nomor 72, Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang. Acara berlangsung mulai pukul 10.00 WIB,” pungkasnya. (dim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...