Desakan Tuntaskan Pencemaran Sungai Cilamaya Terus Mengalir

KARAWANG – Sedikitnya sudah ada tiga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, dapil Karawang, yang sudah meninjau langsung kondisi Sungai “Limbah” Cilamaya, sepekan terakhir.

Akhir pekan lalu, giliran Gina Fadlia Swara, anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Gerindra, turun gunung.

Politisi asal Cilamaya itu menyayangkan. Ketidaktegasan Pemprov Jawa Barat, kepada para pelaku pencemaran sungai yang mengaliri ribuan hektare sawah di tiga kecamatan tersebut.

Gina meminta keseriusan Pemprov Jabar, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Provinsi Jawa Barat dan Kementrian LHK pusat, untuk segera mengakhiri pencemaran Sungai Cilamaya.

“Pemprov harus tegas. Kalau mereka (perusahaan) tidak punya itikad baik. Tutup ajah pabriknya,” ujar Gina, kepada awak media, saat meninjau kondisi Sungai Limbah Cilamaya, akhir pekan kemarin.

Gina menjelaskan, masalah pencemaran Sungai Cilamaya tak bisa ditangani oleh pemerintah kabupaten. Pasalnya, pencemaran Sungai Cilamaya merupakan masalah lintas sektoral. Sehingga, harus ditangani oleh Pemprov Jawa Barat.

“Pemprov punya wewenang untuk memanggil seluruh pihak terkait masalah pencemaran ini. Saya berharap, segera duduk bersama, untuk selesaikan titik masalahnya,” tukasnya.

Masalah ini, kata Gina, sudah sering ia sampaikan sejak periode yang lalu. Dimana, rekan-rekannya di Komisi lV DRPD Provinsi Jawa Barat, sering ia dorong untuk melakukan tindakan konkret. Demi Sungai Cilamaya kembali jernih seperti sedia kala.

“Cerita masyarakat, dulu tambak-tambak di Desa Muara Cilamaya makmur. Karena air Sungai Cilamaya jernih. Sekarang, jangankan makmur, tanam udang saja tidak bisa,” ujarnya.

“Dampaknya bukan di Cilamaya saja. Liat Bendungan Barugbug. Petani terpaksa menggunakan air limbah, untuk mengaliri lahan sawahnya. Hasilnya, panen tidak maksimal,” imbuhnya.

Sementara, ditempat yang sama, tokoh masyarakat Cilamaya, Muhammad Sadili mengatakan, kunjungan anggota dewan, baik dari DPRD provinsi maupun kabupaten, hingga kini belum juga ada yang membuahkan hasil.

Sadili berharap, melalui Gina Swara, yang merupakan anggota dewan asli Cilamaya. Bisa membawa perubahan yang lebih baik, bagi kampung halamannya.

“Saya berharap keseriusan ibu Gina memperbaiki Sungai Cilamaya bisa membuahkan hasil. Mudah-mudahan, ada hasil nyata dari kunjungan beliau kemarin,” harapnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Raya Idul Fitri, Sri Rahayu Agustina Ucapkan Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Karawang – Umat Muslim di seluruh dunia memperingati Hari Raya ...