Ayo, Tukar 10 Sampah Botol Plastik dengan Bibit Pohon Gratis

KARAWANG– Antrean panjang terlihat di stand UKM binaan PT Pertamina EP dalam acara Festival Goyang Karawang, Jum’at (27/9). Disana, para pengunjung dengan sukarela menukarkan sejumlah sampah plastik dengan diganti beragam bibit tanaman untuk ditanam dirumah masing-masing.

Pemilik stand yang juga Pengelola Paud Alfirdaus Karawang, Siti Marini mengatakan, ide penukaran sampah dengan bibit pohon ini merupakan bentuk kampanye yang telah lama dilakukannya di Paud.

“Para pengunjung dengan kesadaran sendiri membawa sampah plastik tersebut ke stand kami dan sebagai imbalannya, kami memberikan bibit pohon cabe rawit dan seledri,” kata Rini kepada Fakta Jabar, Jum’at (27/9).

Lanjut Rini, pihaknya menyiapkan 1000 bibit pohon cabai rawit dan seledri untuk bisa ditukar dengan 10 botol plastik guna mendapatkan 2 bibit pohon. Gagasan luar biasa ini ternyata mendapat apresiasi dari para pengunjung.

” Luar biasa respon dari pengunjung, dalam satu hari ini, kami berhasil mengumpulkan 50 kg sampah plastik yang telah ditukar dengan bibit pohon,” terangnya.

Rini juga mengungkapkan, ide penukaran dengan bibit pohon itu diakuinya untuk mengurangi volume sampah plastik di lokasi acara festival Goyang Karawang yang diketahui merupakan event internasional.

“Kami mengajak para pengunjung untuk berpartisipasi menukar sampah dengan bibit tanaman, kan hal tersebut juga untuk menanamkan kepada putra putrinya untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan,” ungkapnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...