HAPMI Karawang Siap Cetak Artis Go Internasional

KARAWANG – Disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri, Ketua Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Jawa Barat, H. Raden Gunawan Sumadikara melantik H.Achmad Djohansyah sebagai ketua HAPMI Kabupaten Karawang masa bakti 2019-2023. Pelantikan pengurus HAPMI itu pada, Sabtu (12/10/2019) di Ballroom Lebak Sari Indah, Jalan Interchange Tol Karawang Barat.

Pelantikan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Kepala Dinas, Sekretaris DPRD, HAPMI Jawa Barat serta anggota HAPMI Kabupaten Karawang berlangsung sukses.

Secara simbolik, H. Achmad Djohansyah menerima pataka serta SK dari Ketua HAPMI Jawa Barat untuk mengibarkan bendera HAPMI di Kota Pangkal Perjuangan.

Dengan ketua pelaksana pelantikan Nandang Hanafi, acara itu ditutup dengan suatu hiburan penampilan seni budaya serta musisi HAPMI Karawang dan Jawa Barat.

Bahkan, Kang Gun sapaan akrab Ketua HAPMI Jawa Barat, menyampaikan jika HAPMI Karawang ini menjadi tauladan bagi HAMPI yang lainnya di Jawa Barat.

“Kita sudah bentuk HAPMI di Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat sebanyak 12. Nanti akan terus dibentuk Kabupaten/Kota lainnya sampai ditiap daerah ada organisasi HAPMI,” katanya dalam sambutan.

Setelah dibentuk pengurus HAMPI Karawang, Kang Gun harapkan organisasi ini menjadi wadah seniman, musisi, budaya dalam mengembangkan bakatnya. Tidak heran 20 tahun lalu, HAPMI bisa mencetak artis-artis yang kini sukses di tanah air.

“Kenapa tidak sekarang juga lakukan kembali, mulai dari sekarang HAPMI lakukan pembinaan sampai mencetak artis nasional, bahkan internasional,” kata Kang Gun lagi, nada semangat.

Masih menurutnya, HAMPI Karawang lakukan pencarian bakat dari seni, musik, vocal dan lain sebagainya mencari talenta milennial Karawang untuk dibina dan ditumbuh kembangkan bakatnya.

“Dengan suatu kegiatan pencarian bakat bakal diketahui potensi-potensi di Karawang. Dari Karawang untuk Indonesia,” ucapnya.

H.Achmad Djohan, ketua HAPMI Karawang, menyampaikan, pihaknya menjadikan HAPMI di Karawang sebagai organisasi yang terbuka untuk individu yang mempunyai potensi seni maupun komunitas seni, baik seni modern maupun seni tradisional.

“Untuk bersama-sama berjuang mengembangkan seluruh potensi yang ada. Diharapkan wadah HAPMI ini baik secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan ekonomi kreatif,” jelasnya.

HAMPI mempunyai misi selama kepengurusan pertama ini ingin meletakkan dasar-dasar yang kokoh untuk menjadikan HAPMI sebagai induk konsultatif bagi para artis, penyanyi, musisi dan komunitas seni di karawang. Sebagai langkah awal, sekretariat HAPMI Karawang beralamat di Graha Karawang Blok A3/No.5 terbuka untuk para pelaku seni maupun komunitas seni untuk berdiskusi mengenai kemajuan untuk bidang seni.

“Nantinya akan ada staff yang standby setiap hari kerja di kantor sekretariat,” kata H. Djohan.

Ia juga menyampaikan tema dalam acara pelantikan ini adalah Meningkatkan Peran HAPMI dalam Melestarikan dan Mengelola Seni Budaya di Era Milenial, mengandung maksud bahwa pembinaan terhadap para seniman maupun komunitas seni akan lebih difokuskan pada generasi muda yang mempunyai bakat dan potensi untuk berkembang ke tingkat yang lebih tinggi, baik nasional maupun internasional.

“Sebagai informasi bahwa pengurus inti HAPMI Karawang ini, bukanlah para tokoh atau orang yang berkecimpung secara langsung dalam bidang seni,” tambahnya.

Namun demikian, para pengurus akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga roda organisasi berjalan secara profesional dengan tentunya melibatkan pemikiran para tokoh seni dan para pelaku sebagai dasar acuan penyusunan program kerja selama empat tahun kepengurusan.

“Insya Allah, setelah pelantikan ini, HAPMI akan segera mengadakan Rapat Kerja untuk menyusun program kerja sekaligus menyusun Indikator Keberhasilan (Key Performance Indicator) untuk mengukur kinerja masing-masing bidang,” bebernya

Terakhir H. Djohan menyampaikan harapan dukungan semua pihak dalam mengemban tugas ini. Tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah, pihak swasta, masyarakat umum dan khususnya masyarakat pelaku seni adalah suatu keniscayaan HAPMI karawang akan berjalan dengan baik.

“Sekali lagi besar harapan kami, agar seluruh yang hadir pada hari ini maupun stakeholder yang terlibat akan bersinergi bersama HAPMI untuk mengembangkan pembangunan bidang seni di Karawang. Mudah-mudahan motto HAPMI yaitu Tradisi HAPMI, Tradisi Prestasi dapat terwujud,” pungkasnya.

Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana melalui Sekretaris Daerah, H. Acep Jamhuri memberikan apresiasi atas dibentuknya HAPMI Karawang. Meski begitu, Sekda meminta peran HAPMI dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

“Karena seni bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Disini peran HAPMI bisa sinergitas dengan pemerintah,” tutup Sekda.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...