Dua Ruang Kelas SD Cijolang Garut Roboh

FAKTAJABAR.CO.ID – Dua ruang kelas yang berada di SD Negeri 2 Cijolang, Kecamatan Limbangan roboh karena kondisinya yang sudah lapuk. Karena tidak ada kegiatan belajar mengajar sehingga tak ada korban jiwa maupun luka.

Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung mengatakan, dua ruang kelas yang ambruk pada Rabu (23/10) sekitar pukul 14.30 WIB. Sekolah tersebut berada di Kampung Laksana, Desa Cijolang, Kecamatan Bl Limbangan, Kabupaten Garut.

“Dari keterangan yang kita terima dari pihak sekolah, kondisi bangunan, khususnya bagian atap dan ruang kelas sudah lapuk. Bangunan sekolah tersebut dibangun pada 2008 lalu,” katanya, Rabu (23/10).

Dia mengatakan, saat dua ruang kelas tersebut roboh tidak sedang dilakukan kegiatan belajar mengajar oleh guru dan para siswa. Bahkan ruangan tersebut sudah selama enam bulan tidak digunakan karena kondisinya yang membahayakan.

Erwin menjelaskan, pada Mei 2019 dua ruang kelas yang biasa digunakan oleh siswa kelas 2 dan 3 tidak digunakan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Agar kegiatan belajar mengajar bisa tetap terlaksana, pihak sekolah pun sempat meminjam ruangan Madrasah al Muhtadin.

Pada September 2019, ruang milik Madrasah Al Muhtadin hendak digunakan untuk pengajian dan sarana majelis taklim.

“Kegiatan belajar mengajar untuk kelas 2 dan 3 pun kemudian kembali ke sekitar sekolah dan hingga akhirnya terjadi robohnya sekolah,” ujarnya.

Kerusakan bukan hanya ambruknya ruangan, sejumlah retakan besar pun terlihat di beberapa titik dinding sekolah. Danramil Limbangan, disebut Erwin sudah mendatangi langsung lokasi dan berkoordinasi dengan Kepala SD Negeri 2 Cijolang, Komite Sekolah dan Kepala Desa Cijolang untuk mencari solusi tempat ruang belajar para siswa.

“Hasil koordinasi didapatkan bahwa kegiatan belajar mengajar akan dilakukan sementara hingga proses perbaikan di Madrahan al Muhdtadin mulai besok. Kata Kepala Sekolahnya memang sejak 2017 sudah mengajukan perbaikan namun belum terealisasi sampai sekarang,” tutup Erwin. (red)

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dukung Kemajuan Perekonomian, Wabup : Beli Bahan Baki Makanan ke Pedagang Karawang

Wakil Bupati Karawang Karawang – Wakil Bupati Karawang, H Aep ...