Pilkades Serentak Purwakarta Serap Dana Rp 7,9 M

FAKTAJABAR.CO.ID – Pemerintah Daerah Kabupten Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyiapkan anggaran Rp7,9 miliar untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2020 mendatang.

Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta, Panda Dinata mengatakan, anggaran tersebut berasal dari bantuan keuangan (bankeu) yang akan langsung masuk ke desa dan ke panitia Pilkades, tidak melalui DPMD.

Sementara, jumlah desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 83 desa tersebar di 17 kecamatan, tahapan dimulai awal tahun 2020 mendatang.

 “Setiap hak pilih dianggarkan sebesar Rp25.000,  kami mencatat ada sebanyak 299.125 hak pilih yang tersebar di 83 desa. Jadi anggaran Rp7,9 miliar itu  untuk biaya penunjang Pilkades secara keseluruhan,” ungkap Panda, Selasa (29/10/2019), dikutip dari Ayobandung.com.

Panda mengaku tanggal dan bulan pelaksanaan Pilkades pada 2020 mendatang hingga hari ini belum ada kepastian. Menurutnya, hal itu hak prerogratif Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta. Namun, lanjut Panda sejauh ini pimpinan DPRD Purwakarta setuju jika Pilkades dilaksanakan pada 2020 dengan pertimbangan tidak berbarengan dengan pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji.

 “Kami menunggu intruksi bupati untuk pelaksanaannya, kemarin sudah dibahas dengan DPRD dan memberikan bahan pertimbangan kalau bisa sebelum atau setelah hajian karena dikhawatirkan ada calon yang menjadi jemaah haji,”kata Panda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wujudkan Pelayanan Prima, Lapas Karawang Tidak Cuti Demi Layanan Kunjungan

Faktajabar.co.id – Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu moment ...