Tahun 2020 Kereta Rel Listrik Bakal Sampai Stasiun Cikampek

KARAWANG – Deputi EVP 1 Daerah Operasional 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI), Sofyan Hasan mengatakan, PT KAI berencana melanjutkan membangun jaringan listrik untuk Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line dari Cikarang sampai stasiun Karawang pada tahun 2020.

“Kemungkinan besar jaringan ke arah timur akan ditambah lagi hingga ke Stasiun Cikampek,” katanya di kegiatan perusahaannya di stasiun Karawang, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, setelah KRL diperpanjang dipastikan intensitas layanan kereta api dari daerah ini ke Jakarta atau sebaliknya bakal lebih padat. Bisa per jam bahkan lebih.

Dan perpanjangan trek KRL, awalnya hanya diprogramkan sampai Cikarang. Namun Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai Karawang, bahkan Cikampek,” ujarnya.

Kata dia, program tersebut sebenarnya tidak terlalu rumit untuk dilaksanakan. Pihak Ditjen KA tinggal membangun tiang listrik di sepanjang rel yang telah tersedia. Sedangkan relnya menggunakan rel lama. Untuk unit KRL sendiri masih banyak yang bisa dioperasikan.

“Jika masih kurang, tinggal memesan ke Jepang,” beber Sopyan.

Selain itu, PT KAI juga sedang berupaya menambah kecepatan laju kereta. “Kami punya KA Argo Parahyangan Excellent yang melayani rute Jakarta-Bandung. Kami upayakan waktu tempuhnya hanya 2 jam 50 menit. Upaya mempercepat waktu tempuh tidak ada kendala berarti. Hanya beberapa titik yang memang laju kereta agak sedikit dikurangi seperti di Kedunggede, Bekasi dan Cikarang yang relnya menikung tajam,” pungkasnya.(cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...