Satria Biru Damkar Karawang Membantu Penyelamatan Masyarakat

KARAWANG – Petugas satria biru tidak hanya menaklukan api saja. Namun bisa melakukan hal lain dalam penyelamatan masyarakat. Terhitung bencana alam, peristiwa atau hal lainnya yang dapat mengancam keselamatan masyarakat. Demikian diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang, Rohmat, MAp kepada Fakta Jabar, Senin (9/12/2019).

“Tugas kita tidak hanya memadamkan api. Tapi juga penyelamatan masyarakat,” kata Rohmat.

Ia menjelaskan, dimaksudkan penyelamatan masyarakat adalah bila ada sesuatu hal yang membahayakan bisa melaporkan ke petugas Damkar Karawang. Misalnya petugas sering melakukan penyelamatan sarang tawon di lingkungan masyarakat.

“Ada sarang tawon ukuran cukup besar yang membayakan masyarakat. Lalu masyarakat meminta tolong ke Damkar untuk penanganan. Alhamdulillah, petugas siap siaga melakukan penyelamatan tersebut. Itu bukan hanya satu kali, tapi sering dilakukan,” jelasnya.

Selain itu, petugas juga sudah melakukan penyelamatan masyarakat yang jari tangan terjepit cincin. Beberapa hari lalu ada masyarakat mengadukan cincin-nya tidak bisa dilepas hingga tangan-nya bengkak.

“Petugas dengan alat sederhana membantu pecahkan cincin yang menjepit jari tangan masyarakat tersebut. Alhamdulillah hasilnya membanggakan,” jelasnya.

Dengan demikian, Rohmat mengungkapkan petugas Damkar selain memadamkan api kebakaran juga fungsi dalam penyelamatan masyarakat. “Belum lagi bila ada bencana. Kami pun ikut terlibat dalam membantu masyarakat serta yang lainnya,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...