Petugas Damkar Amankan Sarang Lebah yang Mengancam Nyawa Warga Dengklok

KARAWANG – Sejumlah petugas pemadam kebakaran (Damkar) ke rumah salah seorang warga di Dusun Warudoyong Selatan RT.45 RW.10 Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang untuk mengevakuasi diduga sarang lebah jenis Vespa Affinis yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa manusia, Jumat (20/12/2019) malam.

Salah seorang petugas Damkar Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, Agus mengatakan berdasarkan informasi yang didapatnya jenis lebah Vespa Affinis ini biasa bersarang di tempat yang tinggi.

“Biasanya diatas pohon dengan ketinggian di atas 3 meter, di dalam atau di atap bangunan. Dan menjadi sorotan akhir-akhir ini dengan maraknya serangan tawon atau lebah jenis Vespa terhadap manusia di daerah klaten baru-baru ini, sangat berbahaya karena berisiko mematikan,” tuturnya.

Masih menurutnya, bukan kali ini saja, ia bersama sejumlah rekan petugas Damkar menemukan dan mengevakuasi sarang lebah jenis Vespa Affinis di wilayah kerjanya.

“Setelah evakuasi selesai disini, kita akan langsung ke Kecamatan Batujaya untuk melakukan hal yang sama atas aduan warga, ya kita kembali akan evakuasi sarang lebah disana,” jelasnya.

Meski dengan dukungan peralatan seadanya, tak lantas membuat ia bersama rekan-rekannya ragu melakukan hal yang telah menjadi pekerjaannya selain memadamkan api saat terjadi kebakaran.

“Berharap masyarakat sigap memberi informasi atau mengadukan kepada petugas Damkar terdekat apabila mendapati sarang tawon atau lebah di lingkungannya. Juga berharap para petugas Damkar di lapangan mendapatkan peralatan yang memadai apabila harus berhadapan dengan jenis tawon atau lebah yang berbahaya,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...