10 Akademi Klub Sepak Bola Eropa yang Rajin Produksi Bintang

FAKTAJABAR.CO.ID – Akademi memainkan peran penting dalam keberlangsungan klub sepak bola. Dengan keberadaannya, klub bisa memproduksi pemain masa depan.

Setelah bersinar bersama tim akademi, para pemain tersebut biasanya diminta bergabung dengan skuat utama atau senior. Kehadiran pemain muda jebolan akademi diyakini bisa memainkan peran penting di klub. Mereka bisa berkontribusi besar karena sudah mengetahui tradisi dan prinsip-prinsip klub.

Alhasil, beberapa pemain ada yang menjadi tulang punggung di klubnya. Selain itu, ada pula klub yang meyakini produk akademinya bisa meraup keuntungan lumayan.

Tak jarang, pemain jebolan akademi klub tertentu sering menjadi rebutan, terutama di Eropa. Lantas, akademi sepak bola mana saja yang memiliki lulusan terbaik?

Berikut ini Bola.com merangkum dari Sportskeeda, 10 akademi sepak bola yang sering cetak pemain bintang.

Schalke 04

Banyak yang beranggapan akademi Bayern Munchen merupakan yang terbaik di Jerman. Namun, dalam beberapa tahun terakhir akademi klub yang sering mencetak pemain muda ialah Schalke.

Itu terbukti saat Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Empat pemain timnas Jerman yaitu Manuel Neuer, Mesut Ozil, Benedikt Howedes, dan Julian Draxler memainkan peran kunci dalam kesuksesan Die Mannschaft.

Sebelumnya juga ada Christoph Metzelder dan Jens Lehmann. Kemudian saat ini pemai-pemain yang lahir dari akademi Schalke ialah Leroy Sane (Manchester City), Joel Matip (Liverpool), Sead Kolasinac (Arsenal), Thilo Kehrer (PSG), dan Max Meyer (Crystal Palace).

Southampton

Southampton Youth Academy merupakan satu di antara akademi yang mempunyai tujuan membina pemain muda agar bisa sukses. Prestasi Southampton dikancah domestik bisa dibilang tak terlalu mentereng.

Namun, akademinya kerap menelurkan talenta-talenta yang kerap mencuri perhatian dunia. Pemain-pemain yang berasa dari Southampton Youth Academy antara lain Alan Shearer, Gareth Bale, Luke Shaw, Adam Lallana, Alex-Oxlade Chamberlain.

Santos FC

Para pemain Brasil terkenal memiliki bakat yang luar biasa. Banyak berpaspor Brasil yang menjadi andalan beberapa di dunia.

Sementara kebanyakan para pemain terbaik Brasil menimba ilmu di akademi Santos. Termasuk pemain termahal di dunia saat ini, Neymar Jr. Sebelum hijrah ke Eropa, Neymar mampu mencetak 136 gol dari 223 penampilan bersama Santos FC.

Selain Neymar, beberapa pemain lain yang berasal dari dari akademi Santos ialah Robinho yang pernah memperkuat Real Madrid, AC Milan dan Manchester City. Felipe Anderson dari West Ham dan Gabriel Barbosa yang saat ini bermain bersama Flamengo.

Kemudian saat ini ada Emerson Palmieri (Chelsea), Rodrygo Goes (Real Madrid), dan pemain Thiago Maia (Lille) yang merupakan pemain kunci tim Brasil yang memenangkan medali Emas Olimpiade pada 2016.

Sporting CP

Sporting CP merupakan satu di antara klub terbaik yang ada di Liga Portugal bersama FC Porto. Namun, dalam urusan akademi, Sporting bisa dibilang cukup baik.

Manchester United dan Barcelona menjadi dua klub yang merasakan hasil didikan akademi Sporting CP tersebut. Pemain-pemain berkabel bintang yang pernah menimba ilmu di Sporting CP Youth Academy ialah Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Quaresma, Nani, Joao Moutinho, dan Eric Dier.

Bahkan, Ronaldo dan Figo menjadi pemain jebolan akademi Sporting CP yang pernah merasakan penghargaan individu, Ballon d’Or.

Benfica

Selain Sporting CP, klub asal Portugal lainnya yang sering mencetak pemain muda ialah Benfica. Beberapa pemain masa depan Portugal kebanyakan berasal dari akademi milik Benfica.

Pemain internasional Portugal yang paling terkenal saat ini yang muncul melalui akademi Benfica termasuk Bernardo Silva, Joao Felix, Joao Cancelo, Goncalo Guedes, Ruben Dias, Danilo Pereira, Andre Gomes, Renato Sanches, Gedson Fernandes, dan Manuel Fernandes.

Selain itu, kiper Brasil Ederson Moraes dan bek Swedia Victor Lindelöf juga pernah bermain untuk tim muda Benfica sebelum menjadi superstar seperti sekarang ini.

River Plate

River Plate merupakan satu di antara klub paling sukses dii Argentina. River Plate sudah mengoleksi sekitara 36 trofi liga domestik. Prestasi tersebut ternyata ditunjang dengan sistem yang dimiliki akademinya.

Tak jarang River Plate harus turun gunung untuk mencari talenta-talenta terbaik yang ada di Argentina. Kemudian, akademi River Plate juga sering melakukan tur ke negara-negara lain di Amerika Setlatan untuk mengikuti turnamen usia muda.

Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menambah jam terbang pemain sejak masih muda. Beberapa hasil binaan akademi River Plate bisa dibilang cukup memuaskan.

Pemain-pemain yang pernah menimba ilmu di akademi River Plate antara lain Alfredo Di Stefano, Daniel Passarella, Pablo Aimar, Radamel Falcao, hingga Hernan Crespo.

FC Bayern Munchen

Akademi Bayern Munchen baru didirikan pada 1995. Meski terbilang belum cukup lama, akademi tersebut sudah banyak mencetak pemain-pemain yang sekarang menjadi bintang.

Bahkan, beberapa pemain ikut sukses mengantarkan Timnas Jerman merengkuh trofi Piala Dunia 2014. Kesuksesan Die Rotten dalam mengelolola pemain muda pun mulain ditiru klub Jerman lain seperti Schalke 04.

Beberapa pemain bintang yang lahir dari akademi Bayern Munchen ialah Hans-Georg Schwarzenbeck, Franz Beckenbauer, Matts Hummels, Bastian Schweinsteiger, Philip Lahm, Thomas Muller, dan Toni Kroos.

Akademi Ajax Amsterdam

Akademi Ajax Amsterdam bisa dibilang merupakan satu di antara yang terbaik di dunia. Ya, sejak era Johan Cruyff pada 1960-an hingga Matthijs de Ligt, Ajax sudah menelurkan pemain terbaik di dunia.

Bahkan, beberapa pemain terutama dari Belanda sukses memenangkan Ballon d’Or, yakni dimenangkan oleh Cruyff dan Marco van Basten.

Beberapa pemain lain yang berasal dari jebolan akademi Ajax yang masih aktif bermain antara lain Christian Eriksen, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Thomas Vermaelen, Daley Blind, Donny van de Beek, Quincy Promes, Justin Kluivert, Ryan Babel, dan Nigel de Jong.

Manchester United

Manchester United sering melahirkan pemain-pemain bintang yang berasal dari akademi sepak bolanya, terutama sejak ditangani Sir Alex Ferguson. Para pemain jebolan akademi itu memainkan peran penting di klub tersebut.

Beberapa pemain seperti Bobby Charlton, George Best, Ryan Giggs, Paul Scholes, David Beckham, Gary Neville merupakan pemain asli binaan akademi Setan Merah.

Kemudian saat ini ada Marcus Rashford, Paul Pogba, Jesse Lingard, Axel Taunzebe yang kerap dimainkan Ole Gunnar Solskjaer bersama sekuat utamanya.

La Masia (Barcelona)

Para pencinta sepak bola tentunya tidak asing dengan akademi La Masia miliki Barcelona. Akademi tersebut bisa dibilang yang paling terkenal di antara akademi terbaik lainnya.

Bahkan, La Masia didaulat sebagai akademi yang paling produktif mencetak pemain-pemain muda yang berkualitas. Akademi tersebut sudah berdiri sejak 1702 dan kemudian mendapatkan pembaruan pada 1979.

Sejak pembaruan tersebut, akademi La Masia dipersilahkan menampung pemain-pemain dari berbagai penjuru dunia. Wajar tentunya jika kebanyakan pemain bintang lahir dari akademi tersebut.

Beberapa talenta-talenta terbaik yang pernah menimba ilmu di akademi La Masia antara lain Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Gerard Pique, Jordi Alba hingga mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musyawarah IPSI Majalaya, Wadahnya Perguruan Silat di Tingkat Kecamatan

Karawang – Sebagai wadah perguruan pencak silat di Kabupaten Karawang, ...