Semua Masjid di Karawang Akan Lakukan Sholat Sunah Gerhana Matahari Siang Ini

KARAWANG – Hari ini, Kamis (26/12/2019) pukul 12.15 WIB, di semua masjid wilayah Kabupaten Karawang, setelah sholat dzuhur akan melaksanakan sholat sunah gerhana matahari cincin, sholat ini berdasar surat edaran Kementerian Agama dan Majelis Ulama.

“Setelah sholat dzuhur berjamaah, semua dihimbau untuk mengikuti sholat sunah gerhana matahari, berdoa dan memohon ampun kepada Alloh SWT,” kata Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Karawang, yang juga Ketua Pelaksana Gerhana, H. Sanyoto, saat ditemui di kantornya Kamis pagi.

Kata dia, gerhana matahari ini tidak asing bagi semua kalangan, sebab ini adalah fenomena alam, tetapi hakikinya ini adalah kekuasaan dan kebesaran Alloh SWT yang ditunjukan kepada semua manusia. Maka, di waktu gerhana matahari ini semua muslim diharuskan sholat sunah gerhana.

Diketahui, gerhana matahari cincin di Indonesia diprediksi dimulai pukul 12.15 WIB, dua menit kemudian diprediksi fase puncak, pada fase ini dianggap waktu terbaik untuk mengamati gerhana. Gerhana matahari cincin ini diprediksi akan berakhir pukul 12.19 WIB.

Niat sholat gerhana matahari

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan-likhusuufi-syamsi imaaman/makmuman lillali ta’ala

Artinya: Saya niat sholat sunah gerhana matahari sebagai imam atau makmum karena Allah semata. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...