Karawang Masuk Enam Wilayah Terdambak Banjir di Jawa Barat

KARAWANG – Kabupaten Karawang merupakan salah satu dari 6 wilayah di Jawa Barat yang terdampak banjir. Membutuhkan penangan perioritas dari pemerintah.

“Hanya saja bantuan tidak hanya dari pemerintah daerah, tapi juga pemerintah pusat hingga persoalan banjir bisa segera diatasi. Seluruh wilayah yang terdampak banjir akan menjadi prioritas tanggap darurat dari Pemprop Jabar,” ungkap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat berkunjung korban banjir di Desa Karangligar, Karawang, Sabtu (4/1/2020).

“Semua wilayah terdampak banjir akan menjadi prioritas kami dalam tanggap darurat ini. Namun begitu dari 6 wilayah itu wilayah Bekasi yang paling parah dan membutuhkan penanganan khusus. Tapi kita tidak bisa sendiri harus ada bantuan pusat untuk menanganinya, ” kata Emil sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Karawang menjadi prioritas untuk segera ditangani karena banjir sudah mencapai 2 meter lebih ditengah pemukiman warga. Warga mengeluhkan karena banjir hampir terjadi setiap tahun di musim hujan.

” Saya minta maaf karena baru bisa berkunjung kesini setelah meninjau daerah lain yang juga mengalami hal yang sama,” katanya.

Emi menambahkan, untuk mengatasi banjir butuh banyak aspek yang harus dipelajari dan membutuhkan kordinasi dengan pemerintah pusat. Cara yang cukup efektif dilakukan yaitu dengan membuat sodetan sungai dan membuat bendungan yang dapat menampung air dari sungai-sungai yang kerap meluap dan menimbulkan banjir,

“Kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Kita butuh waktu secara keilmuan, ketenangan, harus bahas hal-hal teknis sesuai kajian dalam penataan sungai di Karawang,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...