IPI Karawang Apresiasi Kurikulum Tematik Sampah Yang Digagas KB Al Firdaus

KARAWANG– Gagasan tentang sebuah kurikulum tentang sampah yang digagas Kelompok Belajar Al Firdaus, Desa Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon, mendapat dukungan dari Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Karawang.

Ketua IPI Karawang Tatang Sudrajat mengatakan, inovasi yang di hasilkan KB Al Firdaus ini, perlu di dorong pengembangan lebih luas. Karena, selain pertama di Karawang, juga bisa jadi satu-satunya nasional. Namun, untuk penguatan, IPI mendorong dibentuknya tim pengembang kurikulum.

“Ini sangat luar biasa, gagasan dan inovasi kurikulum tematik yang di hasilkan Paud Al Firdaus harus semakin banyak di replikasi semakin bagus. Apalagi, dengan penguatan tim pengembangnya,” kata Tatang.

Lanjut Tatang, selain menjadi kurikulum tematik muatan lokal tentang pengolahan sampah satu-satunya yang ada di Indonesia, konsep yang sudah di bukukan Paud Alam Al Firdaus ini, dianggap tepat guna diterapkan untuk pendidikan karakter dan membentengi peredaran buku-buku yang tidak sesuai dengan lembaga Paud.

Menurutnya, kurikulum muatan lokal tentang pengolahan sampah ini penting untuk menyelamatkan karakter dan konsep yang harus jadi bahan ajar bagi siswa PAUD. Karena itulah, keberadaan Tim pengembang kurikulum yang terdiri dari akademisi, birokrasi dan aktivis ini mesti dibentuk demi melihat penyesuaian, verifikasi dan tindaklanjut untuk membentengi buku yang sudah kadung beredar.

“Karawang semoga bisa selamat, dari pelanggar kurikulum yang memaksa Calistung. Semoga saja, kurikulum tematik ini, bisa menjawab harapan Disdikpora dan bisa berkolaborasi bersama lebih baik lagi untuk pengembangannya,” pungkasnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...