Tasikmalaya Punya Program ‘Pelakor’

FAKTAJABAR.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya meluncurkan program baru untuk membantu masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan. Program itu bernama Pelayanan Administrasi Kendaraan Bermotor (Pelakor).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data (PD) Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Uu Saeful Uyun mengatakan, penggunaan nama ‘Pelakor’ itu bukan berarti merebut lelaki orang. Nama itu dipakai agar masyarakat dapat merespon langsung dan bereaksi saat kedatangan petugas yang akan membantu pengadministrasian kependudukan.

“Ini merupakan sebuah inovasi jemput bola dari kami guna lebih mendekatkan pelayanan serta meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat,” kata Uu, Rabu (12/2/2020).

Uu menambahkan, ‘Pelakor,’ ini sudah berjalan sejak awal 2020 lalu. Pihaknya menyiapkan 12 petugas dengan kendaraan roda dua.

Saat ini baru tersedia 7 unit sepeda motor yang berkeliling ke Kecamatan yang rendah pendataan kependudukan seperti Kecamatan Bojonggambir dan Taraju.

‘Pelakor’ ini, kata Uu, menjangkau hingga ke dusun-dusun yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan roda empat atau mobil. Masyarakat hanya tinggal duduk di rumah, sementara petugas yang hadir ke masyrakat.

“Masyarakat tinggal menyiapkan segala persyaratan, kami yang datang. Wilayah yang kami sasar adalah yang jumlah cakupannya rendah, itu yang jadi sasaran kami,” tambah Uu.

Uu menjelaskan, hasil evaluasi kemarin ada beberapa hal yang dipandang menjadi kendala, yakni signal atau jaringan. Kedepan, lanjut Uu, pihaknya akan mengkaji bagaimana secara efektivitas melayani masyarakat untuk kecamatan berikutnya yang akan didatangi oleh para petugas.

“Sinyal menjadi kendala karena secara geografis Bojonggambir sangat luas dan terjal dan paling ekstrim di Kabupaten Tasik,” ungkap Uu.(*)

Sumber: www.ayobandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Satpolair Polres Purwakarta Gelar Vaksinsi di Tengah Waduk Jatiluhur

PURWAKARTA – Kejar target, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta membuat ...