SBY di Pacitan, Lepas Peserta Jalan Sehat dan Akan Resmikan Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

FAKTAJABAR.CO.ID – Jumat (21/2) pagi, Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melepas masyarakat Pacitan yang melaksanakan jalan sehat, di Alun-alun Kota Pacitan. Jalan sehat ini diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Ke-275 Kabupaten Pacitan. Hadir pula Bupati Pacitan Indartato dan jajaran Forkompimda Kabupaten Pacitan.

SBY sudah sejak kemarin tiba di Pacitan. Besok, Sabtu 22 Februari 2020 pukul 10.00 direncanakan akan meresmikan Groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI bertempat di lokasi dibangunnya museum, di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur.

Museum Kepresidenan SBY menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema, dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, mengemban tugas negara di dunia militer, melaksanakan pengabdian sebagai menteri di era Presiden Gus Dur dan Presiden Megawati, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004.

Museum ini juga akan menampilkan berbagai tema sepuluh tahun masa kepemimpinan SBY, memimpin bangsa dan negara dengan berbagai tantangan dan capaian yang dinikmati oleh rakyat Indonesia. Berbagai prestasi yang berhasil ditoreh utamanya dalam bidang perdamaian (peace), keadilan (justice), kesejahteraan (prosperity), dan demokrasi (democracy).

Museum ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagaimana Presiden SBY memimpin bangsa, melaksanakan pemerintahan, dan mengatasi krisis serta tantangan dalam sepuluh tahun masa pemerintahannya. Museum ini juga akan melestarikan pandangan dan nilai-nilai perjuangan SBY dalam rangka memperkukuh karakter dan jati diri bangsa. “Tentunya museum ini didesain untuk memberikan masyarakat lingkungan yang nyaman, serta nuansa yang mendidik dan menghibur (education & entertainment) sehingga akan menjadi salah satu pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan,” kata Ossy Dermawan, Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

Sementara itu dalam Galeri Seni Ani Yudhoyono, berbagai karya seni seperti lukisan, patung, kain batik, kerajinan tangan, dan benda seni lainnya akan ditampilkan. SBY dan Almarhumah Ibu Ani sangat mencintai seni budaya Indonesia. Selama mendamping SBY, Ibu Ani telah mengoleksi sekitar sepuluh ribu karya seni, baik yang didapatnya di dalam negeri maupun saat kunjungan kenegaraan ke luar negeri.

Museum yang rencananya akan dikelola oleh Yayasan non profit ini, harapannya bisa dinikmati oleh publik pada tahun 2022 atau 2023. “Kami mohon dukungan dan doa restu dari seluruh rakyat Indonesia agar rencana pembangunan museum dan galeri seni ini dapat berjalan dengan baik,” tandas Ossy. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...