Skema Baru Pensiun PNS Rp1 Miliar, Begini Faktanya

FAKTAJABAR.CO.ID – Skema pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mengalami perubahan. Dari perubahan ini nantinya diharapkan beban Pemerintah akan berkurang dalam membayar iuran pensiunan abdi negara.

Sistem ini mengharuskan PNS membayar iuran pensiunannya sendiri. Dimana jumlah dana pensiun dapat ditetapkan sesuai keinginannya. PNS juga berpotensi mendapat pensiunan senilai Rp1 miliar dengan sistem baru ini.

Dirakum dari Okezone.com Pada Sabtu (29/2/2020), berikut fakta terkait skema baru pensiunan PNS.

Masih Menunggu Peraturan Pemerintah

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan skema pensiunan ini masih dalam tahap kajian. Dirinya menjelaskan perubahan skema pensiun ini masih menunggu dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP).

“Nunggu Peraturan Pemerintah dulu. Kalau itu jadi beres lah,” ujarnya kepada Okezone.
 
Sistem Pay As You Go

Sistem pensiunan yang sekarang berlaku adalah pay as you go. Di mana setiap bulannya pemerintah membayarkan iuran bulanannya.
Bima menilai sistem ini akan merugikan pemerintah. Pemerintah akan terlalu banyak menalangi uang pensiun. Bima kemudian menyebut sistem ini tak mungkin diteruskan lagi.

“Pensiun sekarang itu sistemnya pay as you go. Pay as you go itu kamu iuran untuk tunjangan hari tuanya. Yang bayar bulanannya pemerintah. Kalau seperti itu maka pada saat titik akan jenuh sehingga pemerintah harus talangin banyak sekali uang pensiun yang enggak mungkin lagi diteruskan,” pungkas Bima.

Sistem Baru Skema Pensiunan Full Funded

Sistem baru yang nantinya akan diterapkan bernama full funded. Di mana PNS-lah yang menggunakan sendiri uang pensiunannya sesuai keinginannya masing-masing. PNS juga diharuskan membayar iuran pensiunannya sendiri sesuai keinginannya.

Posibilitas Pensiunan Senilai Rp1 Miliar

Bima Haria Wibisana mengungkapkan adanya kemungkinan uang pensiunan yang didapatkan PNS senilai Rp1 miliar. Hal ini dapat terealisasi dengan sistem full funded. Jika ingin mendapatkan uang pensiun senilai Rp1 miliar, maka iuran yang harus dibayarkan tiap bulan harus lebih besar.

“Saya misalnya pengen dapat 1 miliar ya bisa dong. Itu sistemnya memungkinkan. Kan Dirut Taspen juga bilang yang mungkin saja. Kenapa enggak mungkin, tapi iuran pensiunnya yang harus di perbesar,” jelas Bima.

Pemerintah Tetap Membayarkan Uang Pensiunan PNS

Namun, bukan berarti Pemerintah sepenuhnya lepas tangan dari uang pensiunan PNS. Pemerintah akan tetap membayar iuran pegawai lewat BPJS Ketenagakerjaan.

“Uangnya dibayarkan pemerintah juga bayarin iuran pemberi kerjanya BPJS gitu. Nah uang itu dikelola untuk membayar pensiun. Kalau seperti itu berapa yang diterima tergantung iurannya,” kata Bima.

Sumber: Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...