Komisi I DPRD Karawang Kunker ke Disdukcapil Cirebon

KARAWANG – Sudah saatnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuat program baru dalam upaya validasi data base kependudukan, diantaranya ialah dengan pengadaan anggaran insentif untuk Ketua RT yang melaporkan kematian di wilayahnya. Demikian ungkap Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, Indriyani ST. MH. usai melakukan kunjungan ke Disdukcapil Kota Cirebon, Selasa (3/3).

“Kami menyoroti adanya insentif untuk Ketua RT yang melaporkan kematian kepada Disdukcapil. Saya kira ini bisa diadopsi di Karawang, untuk mengoptimalkan validasi data base penduduk,” ujarnya.

Menurut Indriyani, validasi data base kependudukan akan sangat berguna bagi keperluan Pemilihan Umum (Pemilu). Dimana kerap ditemukan masalah data penduduk yang sudah meninggal, namun masih tercatat dalam daftar pemilih.

“Program ini sangat bagus jika bisa diterapkam di Karawang. Soal besaran insentif yang diberikan bisa dikaji nilai kelayakannya. Karena di Karawang tentunya berbeda dengan di Cirebon yang menganggarkan Rp. 50 ribu untuk setiap laporan,” paparnya.

Indriyani menambahkan, memang tidak mungkin hal tersebut dilakukan dalam waktu dekat ini, karena untuk memasukan anggaran tersebut memerlukan proses pembahasan APBD.

“Namun menurut saya tidak ada kata terlambat. Program ini bisa mulai diterapkan pada APBD Perubahan mendatang,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...