Pasar Induk Modern Berkarya Dibangun di Kawasan Industri Cikampek, Apakah Langgar Aturan?

KARAWANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dedi Ahdiat menjelaskan izin dibangunnya Pasar Induk Modern Berkarya dibangun di wilayah kawasan industri Kecamatan Cikampek.

Menurut Dedi, secara perkembangan wilayah industri di Cikampek secara tata ruang wilayah memang telah berubah menjadi kawasan perkembangan perkotaan.

“Secara nasional wilayah Cikampek dan Cikopo menjadi kawasan perkembangan perkotaan yang di dalamnya ada perdagangan dan jasa. Termasuk di Provinsi, jadi sarana dan prasarana di dalamnya yakni pasar,” ungkap Dedi Ahdiat saat memberikan sambutan dalam peletakan batu pertama pembangunan Pasar Induk Modern Berkarya di Cikampek, Rabu (11/3/2020).

Dedi juga meminta agar Pasar Induk Modern Berkarya yang bakal dibangun PT Mandala Pratama Permai (MPP) tersebut menyediakan lahan khusus untuk catchment area atau tangkapan air.

“Catchment area ini dibuat untuk antisipasi banjir di wilayah sekitar,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia juga meminta kepada PT MPP untuk mengutamakan warga lokal terutama tiga desa sekitar pasar induk untuk bekerja. Pasalnya perusahaan tersebut, memprediksi akan ada 14.000 tenaga kerja.

Sementara itu, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana mengapresiasi rencana pembangunan Pasar Induk oleh PT Mandala Permai yang berada di Cikampek. Hadir pada acara peletakan baru pertama Komisaris Utama PT. MPP, Tommy Soeharto.

Bupati Cellica mengungkapkan pembangunan Pasar Induk di Cikampek ini nantinya akan menyerap ribuan pekerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat Karawang.

“Pembangunan Pasar Induk di lahan seluas 12 hektar ini tentu akan memberikan dampak positif pada pereknomian masyarakat Karawang, dan juga akan dibangun terminal baru seluas 2 hektar, ini juga merupakan hal yang baik, pemerintah akan dukung,”ucap Bupati.

Sementara Tommy mengatakan, menargetkan pembangunan pasar induk terpadu di Cikampek selesai dalam 18 bulan ke depan.

“Targetnya sebelum lebaran tahun depan sudah beroperasi,” kata Tommy.

Dia menjanjikan memperlebar akses dari pasar indum menuju tol Jakarta-Cikampek.

“Keunggulan pasar induk terpadu selain bersih lingkungannya juga apik, dan tidak banjir. Semua saluran air sudah diperhatikan. Bahkan di sebelah utara akan dibuat waduk untuk menampung air hujan,” pungkasnya.(cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...