Dinkes Karawang Gelar Rapid Test Covid-19, Sebanyak 60 ODP Menjadi Skala Prioritas

KARAWANG – Setelah dikabarkan 5 orang positif terinveksi Virus SARS-CoV-2 atau yang belakangan disebut Virus Corona atau Covid-19, terlebih Kota Pangkal Perjuangan masuk dalam kategori Zona Merah area penyebaran Virus Corona, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang akhirnya menggelar rapid test covid-19 di Gor Adiarsa, pada Hari Jumat (27/3) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, dr. H. Nurdin Hidayat mengatakan, rapid test tersebut perdana digelar dan dilakukan untuk kalangan terbatas, khsususnya bagi orang-orang yang sempat bersinggungan langsung dengan ke-5 orang yang terlebih dahulu dinyatakan positif terinveksi virus covid-19.

“Hanya baru tersedia Rapid Test untuk 60 orang, karena ketersedian dari Provinsi untuk dihabiskan dulu yang ada. Maka Dinas Kesehatan gunakan rapid test tersebut dengan skala prioritas, terutama bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang langsung kontak dengan 5 orang yang positif itu,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Jumat (27/3).

dr. Nurdin menambahkan, untuk mengetahui data siapa saja ODP yang pernah bersinggungan langsung dengan ke-5 Orang Positif Virus Corona, tentu pihaknya melakukan tracking informasi dari ke-5 Pasien Positif tersebut.

“Diprioritaskan yang kontak langsung dengan yang positif itu, contohnya misalkan disitu ada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ternyata dinyatakan positif, terakhir kontak langsung dengan siapa saja, kami lakukan test. Termasuk konferensi pers Bupati Karawang, dihadapan beberapa media, awak medianya kita utamakan,” jelasnya.

Masih dr. Nurdin menambahkan, sementara masih skala prioritas di lingkarang pertama orang-orang yang memiliki riwayat kontak langsung dengan ke-5 pasien positif covid-19, karena ketersediaan 60 rapid test sembari menunggu datang alat test berikutnya untuk pemeriksaan lingkaran kedua.

“Ini akan berlanjut tetapi kedepannya kita belum tahu kapan alokasi rapid test dari Provinsi. Tentu dengan adanya pemeriksaan awal ini, kita akan melakukan evaluasi dengan Satgas Corona Kabupaten agar dapat menggelar test berikutnya,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...