Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Rawalele Salurkan BLT untuk 146 KK yang Terdampak Covid-19

SUBANG-Dampak yang ditimbulkan dari merebaknya Corona Virus (Covid-19), salahsatunya membuat aktifitas perekonimian warga terganggu. Demi mengurangi dampak teraebut,  Pemerintah Desa (Pemdes) mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Salah satunya Desa Rawalele, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, yang langsung di komandoi Kepala Desa Rawalele Ir. Uju Juanda. Pemdes sejak Jum,at (01-05-2020), menggulirkan Dana Bantuan Langsung tunai (BLT) Kepada 146 Kepala Keluarga (KK), Senilai Rp. 600.000/KK.

Dana yang di bagikan pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19, bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) dengan total Rp. 262.800.000
Masing-masing KK mendapatkan Rp.600.000 setiap bulan selama 3 bulan.

Penyaluran dana BLT juga disaksikan Camat Dawuan, Sekcam Dawuan dan Kasi Pem, serta didampingi Babinsa, babinkantibmas, pendamping desa dan diawasi langsung oleh BPD desa Rawalele, bertempat di aula Kantor desa Rawalele.

Kepala Desa Rawalele Ir Uju Juanda mengatakan, Pembagian BLT ini mengikuti protap penanganan Covid-19 dan di atur waktunya per RW yang mendapatkan bantuan.

“Jumlah BLT Desa Sesuai dengan perundangan atau Permendesa dimana desa yang mendapatkan Dana Desa nya di atas 800 juta. Wajib mengeluarkan dana desanya sebanyak 30% dari total dana desa yang diterima,” ucapnya.

Uju menyatakan Bantuan Langsung Tunai diberikan kepada masyarakat kurang mampu, sesuai kreteria yang ditentukan pemerintah.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada warga penerima manfaat agar, dana tersebut dimanfaatkan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

“Bukan untuk beli baju lebaran atau beli ini dan itu apalagi buat bayar hutang, tapi dibelikan sembako atau vitamin sebagai kebutuhan pokok,” tuturnya.(mai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Viral ! Isak Tangis Istri Gubernur Pecah

Faktajabar.co.id – Unggahan video istri Gubernur Jawa Barat, Atalia menjadi ...