Germas untuk Budaya Hidup Sehat Di Tempat Kerja

KARAWANG – Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah didampingi Sekda Kab. Karawang, H. Acep Jamhuri meninjau tes diagnostik cepat Covid-19 untuk buruh di kawasan Suryacipta, Karawang, Jawa Barat, Selasa, 23 Juni 2020.

Tes diagnostik cepat atau rapid test Covid-19 yang ditujukan untuk buruh sebanyak 500 kit itu bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan industri menuju penerapan normal baru sektor industri.

Menaker Ida Fauziyah tengah mengampanyekan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada perusahaan-perusahaan. Ia menyebut, gerakan ini merupakan implementasi Gerakan Hidup Sehat yang diperluas kegiatannya sesuai kebutuhan di tempat kerja.

Menteri Ida menjelaskan, Germas bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat di tempat kerja dan menghilangkan kebiasaan dan perilaku pekerja/buruh yang kurang sehat.

Program ini memiliki beberapa fokus seperti deteksi dini penyakit akibat kerja, tempat kerja tanpa asap rokok, aktivitas fisik/olahraga, penyediaan ruang laktasi, perilaku hidup bersih dan sehat, penggunaan APD, tindakan P3K, dan promosi gizi seimbang.

Menteri Ida menyebut, kegiatan Germas mampu mendorong seluruh kawasan industri bukan hanya di Karawang, tetapi kawasan industri lainnya untuk melaksanakan upaya pencegahan Covid-19 di tempat kerja dan pelaksanaan Germas. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...