BEST, RUPD 2019: Akselerasi Menuju Prestasi

KARAWANG – Setelah melewati tahun 2018 sebagai tahun transisi bagi PDAM Tirta Tarum Karawang, maka tak perlu waktu lama pada tahun 2019 langsung dikebut sebagai tahun percepatan atau akselerasi bagi PDAM. Setelah dihantam badai bertubi-tubi pada tahun sebelumnya, maka PDAM Karawang berhasil bangkit dengan berbagai inovasi, terobosan dan terobosan-terobosan yang mendukung akselerasi untuk bangkit dan meningkatkan kinerja dan layanan.

Sesuai dengan tekad dan arahan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, bahwa PDAM Karawang harus senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Karawang serta meningkatkan kinerjanya, maka seluruh jajaran Direksi, Dewas dan pegawai PDAM Karawang telah membuktikan bahwa tahun 2019 berhasil melaksanakan akselerasi dengan baik. Capaian pelayanan 8000 SR selama 2019 dan membukukan laba bersih Rp 4.087.057.754 atau meningkat 17% dari tahun sebelumnya Rp 3.494.617.799. Dengan demikian untuk tahun buku 2019 PDAM Karawang akan menyetor PAD Rp 2.247.881.765. Meskipun membukukan laba, namun berdasarkan permendagri 38/2018 tentang tata cara penyusunan APBD 2019 maka untuk meningatkan capaian pelayanan PDAM maka jika setoran PAD dilakukan maka seyogyanya PAD tersebut dikembalikan dalam bentuk PMPD kepada PDAM untuk meningkatkan cakupan layanan.

Meningkatnya laba ini juga disertai dengan peningkatan kinerja PDAM Karawang berdasarkan audit kinerja dari BPKP pada tahun 2020 ini maka nilai kesehatan PDAM Tirta Tarum Karawang meningkat dari 3.44 kriteria “sehat (2018) menjadi 3.58 kriteria “sehat” (2019 meningkat 0.14 point berdasarkan kriteria BPPSPAM) dan meningkat dari kategori “baik” dengan nilai 0.16 (2018) menjadi kategori “baik” dengan nilai 63.26 (2019 naik 3.10 point berdasarkan kriteria PP 47/1999).

Capaian tersebut di atas selain didukung oleh tim yang solid, handal dan professional juga didukung oleh perbaikan system Informasi Teknologi yang senantiasa mengalami pembaharuan untuk menunjang layanan terbaik sesuai motto PDAM Karawang BEST (Berikan Service Terbaik !). Selain itu juga tekad yang kuat seluruh jajaran PDAM Tirta Tarum untuk selalu bekerja keras, berbenah menuju PDAM yang bersih, transparan dan akuntabel berdasarkan kaidah Good Corporate Governance (GCG).

Kami sadar bahwa capaian yang kami raih belum sempurna, masih banyak kekurangan, rintangan, gangguan, cobaan, dan tantangan menghadang, tetapi dengan semangat pantang menyerah kami tetap berjuang menuju kesempurnaan. Karawang Tandong Makalang, Rempug Jukung Sabilulungan, Ngawangun Kota Pangkal Perjuangan.

Berbagai capaian tadi tak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan Dewas, Bupati, DPRD, OPD terkait maupun seluruh masyarakat. Kecepan PDAM Tirta Tarum Karawang bertekad menjadi PDAM besar dengan target mencapai 100,000 sf pada tahun 2021 dalam kondisi Baik dan Sehat. Semoga dapat memenuhi harapan seluruh stakeholder dan masyarakat Karawang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...