Gugus Tugas Mengklaim Karawang Berhasil Meningkatkan Kapasitas Testing

Karawang – Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK mengklaim Kabupaten Karawang, sudah cukup berhasil meningkatkan kapasitas testing (pemeriksaan) dan treatment (perawatan) pasien Covid-19.

Meskipun secara nasional angka testing belum mencapai target Badan Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO).

Fitra mengatakan, penyembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan angka kematian yang rendah, buah dari kinerja para tenaga medis yang berjuang melawan Covid-19. Oleh karena itu, ia sangat berharap agar masyarakat menghargai dan juga bisa diandalkan untuk pencegahan virus corona di Karawang.

Penyebaran virus yang masih tinggi, mengakibatkan adanya kendala dalam proses tracing. Karena banyaknya resistensi dari masyarakat di lapangan akibat adanya stigma negatif dari masyarakat terhadap penderita Covid-19.

“Dan ini harus dihindari. Diperparah adanya berita bohong yang menghilangkan rasa percaya terhadap pasien yang menjadi subyek tracing,” kata Fitra.

GTPPmenuturkan, fokus utama kinerja yakni 3T (testing, tracing dan treatment). Hal itu bukan upaya yang mudah. Saat ini pun Karawang sudah menjadi sorotan terutama dalam klaster industri. Data GTPP Kamis, 1 Oktober 2020, terdapat penambahan sebanyak 12 orang.Sehingga total pasien terkonfirmasi positif berjumlah 754 orang, dengan rincian 522 orang sembuh, 207 orang masih menjalani isolasi dan 25 orang meninggal dunia,” pungkasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...