DPRD Dorong Pemasaran Produk Lokal Khas Karawang

Karawang – Komisi II DPRD Kabupaten Karawang bersama dinas melangsungkan rapat terkait pengembangan koperasi dan UMKM dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat.

Rapat dipusatkan di ruang rapat Komisi II DPRD Karawang, Selasa (27/10/2020).

“Kami di jajaran pemerintah Kabupaten Karawang, sebagai leading sektor yang menangani bidang koperasi dan UKM. Tentu sangat mendukung upaya peningkatan kualitas koperasi dan UMKM di Karawang. Termasuk untuk produk khas Karawang,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, H. Ade Sudiana dalam rapat.

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPRD Karawang, Suci Nurwinda SPd, dihadiri oleh berbagai dinas terkait. Begitupun dihadirkan Koperasi Karyawan JMB VIII Jakarta Cikampek. struktur pada BUMN Jasamarga Japek yang telah mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat.

“Terdapat 60 warga Karawang di Rest Area KM 50. Contoh kongkrit dukungan BUMN Jasamarga dengan gerakan koperasinya untuk perekonomian kecil warga Karawang,” kata Suci Nurwinda.

Karena itu, pada rapat tersebut dibahas tentang berbagai penjajakan pilihan pola kerjasama dari aspek regulasi. Intinya dalam rangka mendorong saluran pemasaran produk produk lokal khas Karawang.

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui berbagai dinas teknis, setiap tahun siapkan anggaran dan terus menumbuhkembangkan usaha kecil. Dibawah binaan Dinas Pertanian, ada produk usaha rakyat.

“Begitu pun di Dinas Perikanan Kelautan. Dinas Perindustrian. Begitupun Dinas Koperasi dan UKM. Salah satu yang perlu didukung adalah dukungan marketing produk daerah. Saluran saluran marketing produk rakyat dan khas karawang harus diperluas. Aspek marketing bergerak, maka effect ekonominya pun pasti bergerak. Ujungnya perekonomian warga meningkat ,” katanya.

Oleh karenanya, Suci berharap agar kondisi kepedulian BUMN Jasamarga melalui koperasinya itu, tetap dipertahankan.

“Kami siap bersinergi untuk kepentingan daerah. Dan kami berharap gerakan koperasi Jasamarga di Rest Area KM 50 tersebut, dapat menjadi ruang pengembangan dan marketing usaha rakyat dan produk produk daerah khas Karawang,” pungkasnya.(cr1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...