Berikut Ini Hasil Lembaga Survey Independen RSRC di Pilkada Karawang

Lembaga Survei Independen Romeo Starategic Research and Consulting

Karawang – Lembaga Survei Independen Romeo Starategic Research and Consulting (RSRC) merilis hasil survei Pilkada Karawang 2020.

Hasilnya popularitas Calon Bupati Cellica Nurrachadiana lebih unggul dibandingkan paslon lainnya.

Sementara popularitas paling rendah dibandingkan paslon lain justru ditempati oleh calon Bupati Karawang Yesi Karya Lianti.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling mengunakan 400 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (MoE) 5 persen. Survei dilakukan mulai 17 November sampai 20 November 2020.

“Popularitas Cellica Nurrachadiana berada di angka 94,3 persen. Artinya udah hampir absolute, dan masyarakat Karawang sudah tahu Ibu Cellica,” ungkap Direktur Eksekutif RSRC Khoirul Umam, Senin (30/11/20).

Menurutnya, tingkat popularitas di bawah Cellica Nurrachadiana yaitu ditempati Ahmad Zamakhsyari dengan angka 84,0 persen, Adly Fairuz di angka 70 persen.

Sedangkan tiga paslon lain berada di bawah 50 persen. Seperti Aep Syaepuloh dengan angka 47,5 persen, Yusni Rinzani di angka 41,0 persen dan paling terakhir yaitu Yesi Karya Lianti di angka 37,5 persen.

“Untuk ibu Yesi yang ada di nomor urut satu ini menjadikan PR besar untuk terus mengenjot popularitas di detik-detik terakhir menuju pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang,” ujarnya.

Sedangkan untuk elektabilitas calon bupati dan wakil bupati Karawang berdasarkan hasil survei RSRC, Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaepuloh berada di angka 35,5 persen, Ahmad Zamakhsyari-Yusni 26,3 persen, dan Yesi-Adly diangka 6,0 persen.

Sementara untuk pemilih yang masih meramaikan pilihannya berada di angka 11,0 persen dan pemilih yang tidak mengetahui apa pilihannya yaitu berada di angka 21,3 persen.

Berdasarkan elektabilitas wilayah, Cellica dan Ahmad Zamakhsyari atau Jimmy memiliki dukungan hampir merata di 30 Kecamatan Karawang.

Seperti Jimmy-Husni di Kecamatan Batujaya, Ciampel mendapatkan dukungan kuat, lalu Cellica kuat di Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang Barat, Kutawaluya bahkan Pangkalan hingga 70 persen. Tapi tetap ada beberapa titik wilayah yang kurang kuat.

Khoirul justru khawatir dengan elektabilitas wilayah Yesi-Adly ada beberapa wilayah yang tidak kuat, paling kuat yang didapat hanya Rawamerta dengan angka 40 persen, dan Kutawaluya sebanyak 30 persen.

“Yang paling kerja keras memang pak Adly dan Yesi. Ini tentu menjadi referensi yang baik bagi tim sukses bersangkutan untuk mengenjot yang serius sampai 9 Desember 2020 mendatang,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Narapidana Teroris di Lapas Karawang Ikrar Setia ke NKRI

Karawang – Tiga orang narapidana kasus terorisme di Lembaga Pemasyarakatan ...