Bulog Pastikan Stok Beras Selama 12 Bulan Mencukupi

Pimpinan Perum Bulog Karawang, Yanto Nurdianto

Karawang – Pimpinan Perum Bulog Karawang, Yanto Nurdianto memastikan dimasa pandemi covid-19 ketersediaan stok beras di Kabupaten Karawang bisa mencukupi untuk 12 bulan kedepan atau 1 tahun.

“Pada saat pandemi covid-19 stok beras Bulog di Karawang ini mencukupi 12 bulan kedepan, atau satu tahun masih cukup , Stok kita sampai Januari ini kwalitas medium ada 24 ribu ton, dan beras premium ada 4 ribu ton totalnya ada 28 ribu ton, “ Ungkap Yanto Nurdianto saat ditemui di kantornya, Jum’at ( 05/02/2021).

Menurut Yanto, perhitungan Bulog itu bisa mencukupi untuk kebutuhan KPSH ( Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga) dan Cadangan Beras Pemerintah ( CBP ) sampai satu tahun kedepan.

“Karena bulog itu selain penugasan dari pemerintah juga kita menyediakan komunitas komersial lainnya, yang dikenal dengan 3 pilar. Pertama terkait dengan ketersediaan, keterjangkauan pangannya, dan yang ketiga terkait dengan stabilisasi harga, “ Katanya.

Ia menjelaskan, Terkait dengan ketersediaan pangan yaitu menyerap gabah kering giling dari petani dengan harga 5300 dengan ketentuan spek standar bulog.

“ Dengan adanya dibulan maret panen raya, itu juga akan menambah stok stabilitas, jadi untuk saat ini stok beras dikarawang sudah mencukupi, rencana distribusi kita rencanakan untuk pasokan ketersediaan pangan dan sosialisai harga, itu beras medium Perum Bulog Cabang Karawang sebanyak 21.000 ton se tahun, berarti rata-rata setiap bulannya 1750 ton,” jelasnya.

Kemudian selain ketersediaan beras medium, Bulog juga menyediakan beras komersil kualitas premium.

“Melihat frekuensi pasar, kalau harga beras Medium itu 8300, harga itu sangat terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah,” ujarnya.

Kemudian juga selain menyediakan beras, Bulog sediakan komoditas pangan lainnya seperti daging beku dengan harga 85 ribu per kilogram,minyak goreng, gula, dan tepung terigu.

Adapun target penyaluran beras CBP, Yanto mengatakan bahwa untuk ketersediaan pasokan dan sosialisasi harga memang dijumlah kurang lebih 21 ribu ton.

“ Target dari bulog pusat yang membawahi 3 wilayah (Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi), untuk penyaluran beras medium CBP dengan tujuan untuk stabilisasi harga, “ ulasnya.

Sementara itu, Penyerapan untuk gabah pada saat ini belum ditargetkan secara angka.

“ Nanti kami informasikan lagi setelah ada target dari kantor wilayah, kalau dari sisi komersil penyerapan beras premium sesuai dengan kebutuhan pasar, mekanismenya itu kalau ada pesanan baru kita beli, tapi yang jelas stok beras yang ada di Bulog Karawang ini cukup untuk 12 bulan kedepan masih aman, “ tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Warga Was-was Tiang Listrik Berkarat

Karawang – Warga masyarakat Dusun Wanasepi RT02 RW 09 Kelurahan ...