Terkenal Kuat Ketahanan Hidup, Budidaya Ikan Hias Karawang Tembus ke Batam dan Bali

Budidaya Ikan Hias Karawang

Karawang – Siapa sangka budidaya ikan hias di Karawang bisa tembus luar pulau Jawa. Meski terlihat sederhana, tetapi bisnis ikan hias itu bisa tembus Batam dan Bali.

Kini budidaya ikan hias di Kabupaten Karawang telah menjadi buah bibir. Budidaya ini merupakan hasil kerajinan masyarakat Karawang yang mencoba melirik pangsa pasar yang potensial. Terbukti beberapa daerah di Jawa Barat mulai mengajukan permintaan ke beberapa tempat budidaya di Kabupaten Karawang. Desa Sungaibuntu, kecamatan Pedes, salah satu desa di Kabupaten Karawang yang gigih melakukan aktivitas melalui budidaya ikan hias. Beberapa daerah di Jawa barat seperti Sukabumi, Bandung, Bogor dan DKI Jakarta sering melakukan permintaan produk Ikan Hias ke budidaya yang ada di Kabupaten Karawang.

Tempat budidaya ikan hias di Karawang

Baca juga : Menjajaki Bisnis Ikan Cupang, Zack Raup Untung Puluhan Juta Rupiah

Kelompok Usaha Bersama ( KUB) Danurwenda, yang beralamat di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes Karawang, akhir-akhir ini sibuk memenuhi permintaan konsumen dari berbagai daerah, seperti Sukabumi, Purwakarta,Bandung, Cianjur dan Jakarta. Bahkan beberapi kali melakukan pengiriman ikan hias ke Bali. Seperti diungkapkan oleh Warsad Sudrajat saat di wawancarai, mengatakan, bukan hanya di Bali memenuhi permintaan ikan hias.

“Kini provinsi Batam sudah kontak kami untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar ikan hias di Batam,”, ungkap Warsad salah Pengurus KUB Danurwenda. Rabu (3/3/2021).

Kata dia, salah satu alasan kenapa ikan hias dari Kabupaten Karawang diminati oleh beberapa daerah di Jawa barat dan di provinsi lainnya, produk budidaya ikan hias dari Karawang memiliki ketahanan hidup yang kuat.

“Mereka sangat berminat dan antusias melakukan permintaan ke kami, katanya ikan hias dari kami memiliki ketahanan hidup yang lebih baik,”ungkap Nur Said, sebagai Sekertaris KUB Danurwenda.

Kini KUB Danurwenda, sedang melakukan penelitian dan uji coba beberapa ikan laut untuk dijadikan ikan hias, seperti ikan buntal, kuda laut, Argus fish dan Ikan Bandut. Uji coba tersebut sengaja dilakukan untuk memenuhi permintaan dari daerah Sukabumi.

Ada beberapa budidaya ikan hias dari daerah Karawang, terutama KUB Danurwenda, Desa Sungaibuntu. Produk ikan hias tersebut diantaranya, Gupi, Moli, Pleti ( Golden Black), cupang, koi, Mas Koki, Moli Balon, marbel dan lain-lainnya.

” Jenis ikan hias tersebut kini sangat diminati oleh beberapa daerah di Jawa barat dan sudah tembus ke daerah Bali dan Batam,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...