Penanganan Banjir Sungai Cikarang Gelam Lagi Dibahas

Rakor penanganan sungai Cikarang Gelam

Karawang – Wakil Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh S.E memimpin Rapat Koordinasi tindak lanjut terkait Pengendalian dan Penanganan Banjir Sungai Cikarang Gelam bersama Sekda Drs. H. Acep Jamhuri M.Si, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang,
Kepala Dinas Pengelolaan SDA Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappeda Karawang, Kepala BPN Karawang, pengembang dan institusi terkait lainnya di Hotel Prime Plaza, Bukit Indah City (BIC) Purwakarta, Rabu (10/3/2021).

Dalam rapat, Wabup meminta masukan- masukan dari instansi terkait langkah strategis apa saja yang harus dilakukan untuk percepatan penanganan banjir di Karawang, khususnya di wilayah Dawuhan Barat dan Tengah.

Wabup mengatakan masalah banjir harus diatasi secara bersama-sama. Pemerintah kabupaten dan masing-masing instansi hendaknya saling berbagi tugas, dan tidak menyalahkan salah satu pihak manapun soal terjadinya banjir ini.

“Dalam rapat ini saya harapkan ada solusi yang tepat agar tidak terjadi lagi banjir setiap tahunnya di Karawang,” harap Wakil Bupati.

Pihaknya juga minta kepada masing-masing instansi memaparkan master plane pembangunan, termasuk perusahaan pengembang kawasan yang harus komitmen untuk mengatasi permasalahan banjir ini.

Dari rapat di hasilkan beberapa catatan penting diantaranya adalah perlu dilakukan pengecekan lahan 20 hektar di wilayah selatan yang sekarang dikelola oleh PJT. Dan BIC sendiri telah menyampaikan lahan tersebut sudah clear dan ada patok-patoknya. Selanjutnya, jika sudah melihat lahan tersebut maka perlu di ambil langkah lanjutan yg tepat.

Selain itu, perlu lagi disain untuk mengembalikan luasan dengan kelengkapan fasilitas kriteria waduk. “Saya berharap dari BIC dapat bekerjasama menormalisasi pon yang sudah ada dan melakukan pengerukan di sisi selatan,” kata Wabup.

Wabup juga mencatat, perlu melakukan disain untuk mengembalikan luasan genangan sebagai kelengkapan fasilitas kriteria waduk. Selain itu juga dibuatkan folder yg dikelola propinsi untuk daerah-daerah dan elevasi dibawahnya sesuai dengan wilayahnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...