Pembelajaran Jarak Jauh Masih Dilaksanakan

Karawang– Radio Sturada 89,4 Fm Pangkal Perjuangan Karawang kembali menyiarkan pembelajaran jarak jauh (PJJ), Selasa (6/4/2021). PJJ disampaikan Enur Rohaeti S.Pd dari SDN Mulyasejati 2 untuk kelas 1, sedangkan untuk kelas 4 disampaikan Sujai S.Pd dari SDN Mulyasejati 3 Kecamatan Ciampel.

PJJ seperti biasa dipandu penyiar Vika. Pada sesi 1, Enur menyampaikan materi tentang ukuran, bentuk, warna dan permukaan benda. Pada materi ini siswa diberi sejumlah contoh benda-benda yang ada di sekitarnya dengan bentuk, ukuran, permukaan dan warna yang berbeda-beda seperti buku tulis, pinsil, penghapus dan lainnya.

Selain itu, siswa juga diajarkan untuk belajar menghitung dari penjumlahan benda yang ditambahkan sesuai dengan jenis, warna dan bentuknya.

“Untuk materi kali ini kami fokus pada pelajaran pengetahuan alam dan berhitung untuk mengasah kemampuan daya pikir siswa. Siswa bisa tahu jenis, ukuran, bentuk, warna dan jumlah benda,” ujar Enur..
Selanjutnya pada sesi 2, Sujai memberi mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu pengetahuan Alam. Pada pelajaran Bahasa Indonesia dipaparkan satu cerita yang menggambarkan tentang kemuliaan hati seorang pedagang, sedangkan pada pelajaran IPA lebih menitikberatkan pada gerak dan gaya benda.

Sujai menjelaskan, setiap benda dapat bergerak karena disebabkan karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah adanya gaya gravitasi bumi, dan adanya tarikan atau dorongan yang terjadi pada benda.

Jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda maka benda tidak dapat bergerak atau berubah kedudukannya. Sebagai contoh, mobil dapat bergerak apabila ada dorongan atau tarikan.

“Jadi kesimpulannya, suatu benda dapat bergerak dibutuhkan gaya yang sebanding atau lebih besar daripada benda tersebut. Jika besar gayanya tidak sepadan, benda itu tidak akan tergerak,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...