Puncak Sempur Prioritas Destinasi Wisata Karawang

Puncak Sempur Karawang

Karawang – Puncak Sempur terletak di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Pangkal Perjuangan. Orang-orang Karawang menyebut daerah ini dengan Loji.

Untuk menuju bukit dengan tinggi 620 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, harus melewati jalan menanjak dan menurun sekitar 15 menit. Kendaraan harus benar-benar fit untuk mencapai Puncak Sempur.

Perjalanan yang cukup menguras adrenalin ini bakal terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan. Tiket masuk kawasan ini pun relatif murah Rp 10.000.

Dari area parkir menuju puncak pengunjung harus mendaki bukit untuk menuju puncak 1 dan 2. Dari atas bukit di Puncak Sempur ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan perkampungan, kota, dan pegunungan Sanggabuana yang membentang membatasi Karawang dengan Purwakarta dan Bogor.

Di Puncak Sempur, pengunjung dapat menghirup udara segar di pagi hati ditambah pemandangan indah yang berkabut. Lalu di sore hari ada senja yang menanti. Jika beruntung, akan menyaksikan elang terbang di atasmu. Sementara pada malam hari, gemerlap lampu-lampu dari perkampungan warga turut menyuguhi pandangan mata. Cocok bagi mereka yang ingin menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk kota yang riuh.

Pengunjung juga bisa camping di Puncak Sempur. Ada beberapa titik camping ground. Salah satunya di puncak 2. Sebab ada dua puncak di destinasi wisata ini.

Jika tak membawa perlengkapan, pengunjung juga bisa menyewa tenda, hammock, hingga memesan kayu bakar kepada pengelola.

Sekitar satu kilo dari Camping Ground juga ada Kampung Tradisional Cilincing dan Curug Cikoleangkak yang masih asri.

Puncak Sempur baru dibuka untuk umum setelah sebelumnya ditutup karena Pandemi Covid-19. Pengunjungpun diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang Yudi Yudiawan mengatakan, bakal menjadi salah satu destinasi wisata prioritas di Karawang.

Yudi mengaku telah mendapat arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahudin Uno terkait inovasi dan promosi wisata.

“Puncak Sempur jadi prioritas,” ujar Yudi baru-baru ini.

Meski sudah cukup bagus, kata Yudi, masih memerlukan perbaikan infrastruktur pada akses jalan menuju Puncak Sempur.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...