BPJS Cabang Karawang Sosialisasi Kepatuhan Peserta

Karawang – BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Jawa Barat melakukan talk show tentang kepatuhan kepesertaan di Radio Sturada 89,4 Fm Pangkal Perjuangan Karawang, Senin (24/5/2021). Talk show dipandu Bung Tris dengan narasumber Niko, Gio dan Tio dari bidang perluasan, pengawasan dan pemeriksaan BPJS Cabang Karawang.

Dalam talk show tersebut dipaparkan berbagai upaya BPJS dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha terhadap regulasi Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Karawang mengingatkan kepada setiap badan usaha agar patuh terhadap regulasi. Sebab, jika melanggar aturan perundangan BPJS akan diambil tindakan atau sanksi administratif terhadap badan usaha tersebut. Karenanya, setiap badan usaha harus menyadari arti pentingnya jaminan kesehatan bagi pekerjanya.

Sesuai dengan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, BPJS Kesehatan berwenang melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan peserta dan pemberi kerja dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan jaminan sosial nasional.

Kewajiban tersebut meliputi kewajiban mendaftarkan dirinya dan pekerjanya, kewajiban memberikan data diri dan pekerja berikut anggota keluarga secara lengkap dan benar serta kewajiban memungut iuran serta menyetorkannya kepada BPJS Kesehatan.

Sesuai perundangan yang berlaku, setiap pekerja berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan. Apabila badan usaha tidak mendaftarkan ke Program JKN-KIS, dan pekerja sakit maka badan usaha wajib menanggung seluruh beban biaya pelayanan kesehatan yang setara dengan jaminan Program JKN-KIS. Karenanya, kepada badan usaha agar tetap berkomitmen mendukung Program JKN-KIS dengan mendaftarkan dan kepesertaan pekerjanya pada BPJS Kesehatan. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wujudkan Pelayanan Prima, Lapas Karawang Tidak Cuti Demi Layanan Kunjungan

Faktajabar.co.id – Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu moment ...