Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pupuk Kujang Bangun Taman Edukasi dan Tanam Pohon di Bantaran Citarum

Rengasdengklok – PT Pupuk Kujang Cikampek berkomitmen melakukan restorasi ekosistem untuk alam yang lebih baik. Rencananya anggota holding Pupuk Indonesia itu akan menanam 1000 pohon. Sebagai permulaan, sebanyak 700an pohon ditanam di bantaran Citarum, wilayah Rengasdengklok, Senin, 7 Juni 2021.


Hal itu dilakukan bukan hanya untuk memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, namun lebih dari itu, demi menyelamatkan bantaran Citarum dan menambah green publlic space atau ruang terbuka hijau untuk masyarakat.
Direktur Utama Pupuk Kujang, Maryadi menuturkan, dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Pupuk Kujang menyelenggarakan Kujang Environment Festival (KURVA) 2021. Program itu berisi serangkaian kegiatan diantaranya penanaman 1000 pohon di bantaran Citarum, webinar dan perlombaan di bidang lingkungan serta Sakasapo (Satu Karyawan Satu Pohon).


Maryadi menyatakan, Sakasapo adalah upaya perusahaan mengakomodir Insan Pupuk Kujang yang ingin berkontribusi dan menyumbang pohon untuk menyelamatkan lingkungan.


“Hari ini, kita menanam 700 pohon, lalu dilanjutkan bertahap melalui program Sakasapo 1000 pohon,” ujar Maryadi. “Tapi dengan jumlah karyawan Pupuk Kujang yang lebih dari 1000 orang, kemungkinan bakal lebih dari 1000 pohon,” Maryadi menambahkan.


Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon buah diantaranya durian, mangga, rambutan, dan pohon buah lainnya. Berbagai pohon itu akan ditanam melalui program Sakasapo atau satu karyawan satu pohon.


Maryadi mengatakan, manfaat menanam pohon di bantaran sungai diantaranya mencegah banjir bisa mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen. “Pohon sifatnya menyerap air, sehingga mudah-mudahan bisa menyerap air saat air Citarum sedang tinggi. Selain itu buah dari tanaman ini bisa bermanfaat untuk pengunjung dan warga sekitar,” kata Maryadi.


Selain menanam ribuan pohon, Pupuk Kujang memulai pembuatan fasilitas rekreasi dan edukasi. Hari ini, Dirut Pupuk Kujang memulai peletakan batu pertama pembuatan jogging track, taman, hidram, bio reaktor, hingga pembangkit listrik hybrid.
“Kedepannya ini akan jadi taman edukasi ramah lingkungan yang berfungsi sebagai green public space untuk masyarakat sekaligus melakukan konservasi sumber daya alam dengan program-program yang baik,” ujar Maryadi.


Komandan Sektor 19 Citarum, Kolonel Chb Widodo mengapresiasi konsistensi Pupuk Kujang dalam mendukung program Citarum Harum. “Kami berterima kasih pada Pupuk Kujang karena selalu sinergi dengan Sektor 19 dalam mendukung program-program kita yang berkaitan dengan pelesrarian alam,” kata Widodo.


Wawan Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang mengucapkan banyak terima kasih pada Pupuk Kujang atas sinergi dalam berbagai program di bidang lingkungan.
“Terima kasih kepada Pupuk Kujang yang selalu bahu membahu dengan pemerintah daerah Karawang. Juga selalu konsisten di menyalurkan CSR di bidang lingkungan hidup,” kata Wawan.
Bukan kali ini, Pupuk Kujang melakukan penghijauan. Tahun lalu misalnya, Pupuk Kujang ikut mensukseskan program Citarum Harum dengan terus melakukan penghijauan di bantaran Citarum.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...