Pemerintah Libatkan Mahasiswa Penanganan Covid-19

Karawang – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Karawang untuk mempercepat penanganan virus Covid-19. Salah satunya melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan akademisi. Kalangan kampus itu digandeng untuk bekerjasama menangani Covid-19 yang angka penyebaran masih tinggi.

Untuk itu, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama Asda 3, Kadiskominfo, Dinas Kesehatan berdiskusi dengan perwakilan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS) yang memiliki fakultas kesehatan atau Prodi Kebidanan se-Kabupaten Karawang di Rumah Dinas Bupati, Rabu (30/6/2021) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cellica meminta masukan, saran pertimbangan kepada para lembaga pendidikan untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di Karawang. Sinergitas semacam ini menjadi bagian penting untuk bersama-sama melawan Covid-19.

“Pertama karena lonjakan kasus semakin tinggi, layanan kesehatan menjadi kewalahan. Jadi kami menginginkan adanya kolaborasi keterlibatan mahasiswa mahasiswi kampus untuk menjadi relawan covid dan vaksin. Dan kedua, Karawang sudah zona merah. Kita diskusikan bersama persoalan kuliah tatap muka,” ungkap Bupati.

Perwakilan PTN dan PTS seluruhnya bersepakat dan menyambut baik rencana kerjasama tersebut, salah satunya dari perwakilan Stikes Horizon, Uun Nurjanah.

Menurutnya, dengan adanya rencana kerjasama itu pihaknya akan lebih merasa nyaman dan aman ketika menerjunkan mahasiswanya dalam penanganan pandemi covid. Diakuinya, selama pandemi hingga saat ini pihaknya masih terkendala untuk menerjunkan mahasiswa tingkat akhir ke rumah sakit.

“Kalau ada kebijakan yang mendukung. Kami bisa melibatkan mahasiswa bukan hanya dari tingkat akhir tapi dari segala tingkatan. Bahkan juga sekaligus dosen. Sementara di kampus kami sudah ada 250 orang yang telah memiliki pengalaman di lapangan sebelumnya,” ucap Uus.

Selama ini, lanjut dia, mahasiwa di kampusnya memang memiliki antusias tinggi untuk praktik kerja lapangan karena ingin mengaplikasikan ilmunya di kampus kepada masyarakat.

“Paling masukan dari kami, kami ingin Pemkab mempercepat vaksinasi bagi mahasiswa kami yang akan terjun ke lapangan. Kami juga akan bediskusi dengan pihak intern kampus soal bagaimana teknis izin ke orang tua mahasiswa,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...