Mahasiswa KKN UBP Karawang Bantu Mengupayakan Digitalisasi Marketing UMKM Masyarakat Desa Kedungjaya Cibuaya

Karawang – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu dari Tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki dua fugsi utama. Pertama, sebagai media diseminasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menjadi core kajiannya dalam praktik atau kerja nyata di masyarakat.

Kedua, sebagai wahana untuk melakukan riset atas beberapa problem yang muncul di masyarakat untuk dicarikan solusi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh perguruan tinggi harus mampu melaksanakan dua fungsi tersebut.
Aktivitas masyarakat Indonesia sekarang ini tentunya telah berubah sejak adanya virus
Covid-19 terlebih di era new normal ini dimana masyarakat tetap beraktivitas seperti sedia kala
tetapi harus melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


Masyarakat tentunya harus diberikan edukasi yang benar agar meminimalisir penularan
virus Covid-19 dan tentunya untuk menjaga kesehatan mereka yang tentunya melalui pemuda-
pemudi disekitarnya.
Dalam rangka membantu menanggulangi penyebaran Covid-19 dan juga demi meningkatkan ekonomi di skala mikro, Universitas Buana Perjuangan menyelenggarakan KKN era Covid-19 selama 30 hari.

KKN era Covid-19 ini tentunya berbeda dengan KKN yang biasa dilakukan karena untuk meminimalisir penyebaran dan penanggulangan Virus Covid-19 ini maka KKN dilakukan secara online.
Kegiatan KKN yang dilakukan ini mengusung tema ”Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal ”.

Dalam proses KKN ini Terdapat lima program kerja utama yang direncanakan yaitu pembinaan unit usaha atau UMKM, melengkapi profil desa, publikasi kegiatan KKN, pelatihan sosialisasi atau training, serta kajian profil desa.
Tema dan program ini di pilih karena kondisi perekonomian masyarakat yang terus
menerus memburuk di tengah kondisi pandemi ini. Oleh karena itu kami sebagai mahasiswa
melakukan pembinaan unit usaha diharapkam bisa mewujudkan dan membangkitkan
perekonomian di Desa Kedungjaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang menjadi lebih baik
lagi.


Pendampingan usaha pertama yang dilakukan oleh Mahasiswa UBP Karawang ialah kepada “Kang Harun” selaku pemilik bisnis kerajinan tangan/seni kriya yang bertempat tinggal di RT 05 desa kedungjaya kec.cibuaya. Mahasiswa UBP Karawang yang terdiri dari 18 orang tersebut bertukar pikiran untuk menggelar pelatihan dan sosialisasi bagaimana caranya bangkit dan berjuang mengelola bisnis, dengan cara memberikan inovasi baru seperti pembuatan tempat tisu dan membuat souvenir dari batok kelapa yang nantinya akan dimodifikasi lebih cantik lagi. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga membantu Kang Harun dalam memasarkan produk seni kriya tersebut, yang tadinya kang harun hanya promosi melalui akun Facebook nya, kini para mahasiswa membantu untuk mempromosikan lebih luas lagi seperti di Shopee, di buatkan Akun Instagram juga serta bagaimana caranya berjualan di Marketlpace.


Selain dari membantu kang harun selaku pemilik usaha seni kriya, kini mahasiswa UBP Karawang juga membuat satu produk yang nantinya akan diberikan kepada salah satu masyarakat yang siap di bina, adapun produk tersebut ialah membuat FROZEN FOOD yang dimana menunya itu ialah Udang Tempura.
Selain berfokus pada UMKM yang sesuai dengan tema KKN 2021 ini yaitu “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal”, terdapat pula beberapa program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Desa Kedungjaya, seperti mengadakan kegiatan bimbingan belajar, penanaman karakter oleh orang tua, sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemic covid-19 serta adanya bagi-bagi masker dan Hansanitaizer kepada masyarakat desa kedungjaya serta membantu mengisi prodeskel (profil desa).


Sementara itu, untuk informasi lengkap seputar KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http;//KKN.ubpkarawang.ac.id.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BKPSDM Beri Sanksi Oknum PPPK dan Tenaga Honorer, Ini Pelanggarannya 

Karawang – Sepanjang tahun 2024 BKPSDM telah memberikan Sanski dan ...