Unsika Siapkan Uang Tunai Rp45 Juta untuk Lomba Inovasi Tingkat Nasional

Karawang– Hadiah uang tunai senilai total Rp 45 juta disiapkan Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) dalam lomba inovasi tingkat nasional yang diberi nama UNIC (Unsika National Innovation Challenge) 2021.

UNIC 2021 merupakan merupakan program yang mengintegrasikan kegiatan lomba bagi mahasiswa tingkat nasional untuk ikut dalam pendidikan karakter. Program UNIC 2021 melakukan sosialisasi dan resmi diluncurkan pada Kamis, 22 Juli 2021 dengan 165 orang peserta. UNIC 2021 mengusung tema “Kebangkitan Nasional dengan semangat gotong royong dari masa Pandemi Covid-19 menuju Generasi Indonesia Emas 2045 di Era Industri 4.0 dan Society 5.0”.

Kegiatan ini disponsori oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia dan Forum Rektor Indonesia. UNIC 2021 pada awalnya menawarkan total hadiah Rp 35 juta dari pendanaan Kemenko PMK. Namun Rektor Unsika menambah uang pembinaan sehingga total hadiah menjadi Rp 45 juta.

“Tujuan acara ini tentunya tidak terlepas dari komitmen Unsika untuk turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan karakter mahasiswa. Tujuan kompetisi ini menumbuhkan profil mahasiswa yang berkarakter, mengasah ide, dan kreativitas mahasiswa dalam kemampuan complex problem solving terhadap kondisi perubahan zaman khususnya di era teknologi industri 4.0,” ucap Dr. Kusrin, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni Unsika saat grand launching UNIC 2021.

UNIC 2021 dikategorikan menjadi 3 jenis perlombaan yaitu: 1). Video Dokumenter yang akan memberikan wadah kepada para mahasiswa yang memiliki minat di bidang kreatif khususnya videography, 2). Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan literasi mahasiswa melalui usulan solusi berupa karya tulis ilmiah, dan 3). Business Plan Competition yang akan menumbuhkan motivasi dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha melalui inovasi dan kreasi produk. Selain itu, rangkaian acara akan ditutup dengan Seminar Nasional.

Terdapat beberapa benefit dari program UNIC 2021 ini, menurut Rianita Puspa Sari, S.T., M.T. selaku ketua pelaksana menyatakan UNIC 2021 berbeda dengan kompetisi nasional lainnya selain tidak dipungut biaya registrasi, setiap peserta Lomba UNIC sekaligus menjadi peserta seminar nasional, mendapatkan e-sertifikat dan 10 Finalis Karya Terbaik akan dikompilasikan kedalam sebuah Buku ber-ISBN. Hal lain yang menarik dalam program UNIC ini Juara I akan diberikan pengalaman sebagai pembicara dalam podcast UNIC 2021. Adanya program UNIC ini Unsika berharap adanya peran aktif mahasiswa selaku generasi muda memiliki karakter yang menjunngjung integritas, etos kerja dan gotong royong melalui karya yang dihasilkan sehingga setiap gagasan yang tertuang dapat menjadi solusi dan berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Bersatu dan Mandiri.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wujudkan Pelayanan Prima, Lapas Karawang Tidak Cuti Demi Layanan Kunjungan

Faktajabar.co.id – Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu moment ...