Pansus Perumda Petrogas DPRD Karawang Kunjungan Kerja ke PT SEA

Karawang -Panitia Khusus (Pansus) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Petrogas Persada DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan kerja ke PT Subang Energi Abadi (SEA) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Subang, Senin (23/8/2021). Hasil kegiatan ini akan menjadi referensi dalam menentukan status badan hukum Petrogas Persada yang saat ini masih berstatus Perusahaan Daerah (PD).

Status badan hukum PT SEA sendiri sudah Perseroan sejak dibentuk melalui Perda Nomor 9 tahin 2013 Kabupaten Subang. Hal itu membuat status badan hukum perusahaan plat merah yang bergerak di bidang energi milik Kota Nanas ini sudah sesuai dengan PP 54 tahun 2017 tentang BUMD.

Direktur Utama PT Subang Energi Abadi, Guntur Setiawan mengatakan, dalam bidang Gas Karawang memiliki potensi lebih besar dari pada Subang.

“Sebenarnya Karawang punya potensi yang lebih besar. Jika melihat dari gas Subang hanya punya 2MMSCFD, sedang Karawang punya 7MMSCFD,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, PT SEA yang berdiri sejal 2013 sempat tidak ada kegiatan apa pun hingga 2019. Lalu pada 2020 dilakukan pergantian direksi dan komosaris.

Kini cukup banyak kegiatan yang sudah bisa dilakukan PT SEA, bahkan sebagian sudah berjalan. Jaringan Gas, Monetisasi Gas CNG dan Trading Solar Industri sudah dijalankan PT SEA.

“Untuk Jaringan Gas, delapan ribu rumah akan ketergantungan dengan Layanan PT SEA. Gas CNG kami beli gas ke Pertamina langsung dari Sumurnya. Harganya jauh lebih murah. Suply Solar ke Industri sudah 108 ribi liter hanya untuk empat perusahaan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Pansus Perumda Petrogas Persada DPRD Kabupaten Karawang, Dedi Rustandi mengatakan, hasil dari diskusi bersama PT SEA akan menjadi referensi dalam menentukan status badan hukum Petrogas Persada.

“Sementara ini draf raperda masih Perumda. Namun kami akan mempertimbangkan baiknya, apakah nanti jadinya Perumda atau Perseroda,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...