Waspada ! Puluhan Warga Karawang Jadi Korban Penipuan Tenagakerja

Garda Karawang

Karawang – Penipuan tenaga kerja di Kota Pangkal Perjuangan masih saja terjadi. Sehingga masyarakat harus waspada jangan sampai menjadi korban.

Saat pertemuan dengan Bidang Penempatan Kerja Disnakertrans Karawang, ada 42 orang di Karawang menjadi korban dugaan penipuan penyaluran kerja.

Para korban tersebut bertemu dengan perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), tokoh masyarakat Asep Irawan Syafei dan Garda Karawang untuk mengadukan nasib mereka. Senin (6/9/2021) pagi di Islamic Center Karawang.

Dari pengakuan sejumlah korban, mereka harus membayar hingga Rp. 15 juta agar bisa bekerja dan mendapatkan upah tinggi di salah satu pabrik otomotif di Kawasan Industri Mitra (KIM) Karawang. Total kerugian yang dialami para korban ditaksir mencapai Rp. 500 juta.

“Masing-masing ada yang harus membayar 10 sampai 15 juta ke orang yang mengaku dapat memasukan mereka ke pabrik tersebut,” ujar Asep Irawan mewakili para korban dugaan penipuan calo tenaga kerja.

Dari penuturan para korban, mereka menerima surat panggilan kerja dengan cap perusahaan yang diduga dipalsukan. Bahkan sempat melakukan tes medical check up (MCU) di salah satu klinik di kawasan Karawang Barat.

“Jadi mereka juga telah MCU, lalu ada panggilan kerja berbentuk surat yang kami duga itu dipalsukan,” ujar Asep Irawan.

Menurut Asep Irawan, salah satu dari korban telah melaporkan ke pihak yang berwajib. Asep Irawan berujar, ia akan berusaha untuk membantu para korban dan mencoba untuk berkomunikasi dengan pihak kepolisian agar proses hukum berjalan dengan lancar.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Karawang, Endang Syafrudin mengatakan, dengan adanya kasus penipuan calo tenaga kerja yang terjadi, ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah tergiur iming-iming bisa bekerja di perusahaan. Apalagi harus dengan biaya.

Endang menuturkan, Pemkab Karawang telah menyediakan aplikasi Infoloker untuk masyarakat. Aplikasi tersebut tujuannya untuk mempermudah memperoleh informasi lowongan kerja khususnya di Kabupaten Karawang.  “Sistem lowongan kerja online ini dapat diakses masyarakat melalui infoloker.karawangkab.go.id,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...