Pepadi Meriahkan HUT Karawang Melalui Lomba Kakawean dan Haleuang Rahwana

Ketua Pepadi Karawang foto bersama para juara

Karawang – Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Karawang telah melaksanakan kegiatan lomba virtual kakawen dan haleuang Rahwana Karawangan berjalan dengan sekses dan lancar.

Kegiatan ini digelar menyambut HUT Kabupaten Karawang yang ke 388. Sebanyak 31 Dalang berlomba memperebutkan piala yang diberikan oleh para donatur yang mendukung acara ini.

Lomba kakawen dan haleuang Rahwana ini dibagi menjadi dua katagori yaitu katagori Dalang R maja dan Dalang Dewasa. Dalang Dewasa 16 orang dan Dalang Remaja 15 orang.

Adapun juara dalam lomba Kakawen dan haleuang Rahwana Karawangan dalam rangka HUT Karawang yang ke 388. Untuk peserta kategori remaja yang juara adalah Dimas Aji Ibrahim, Andria M, Syahka Yanuarsyah. Sedangkan kategori dewasa, Asep Rahmat Hidayat, Ukar Sukarya, Dede Koswara Hudaya.

Ketua Pepadi Karawang Waya Karmila, S.P.MM, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah baru pertama kali diadakan di Kabupaten Karawang bahkan Jawa Barat.

Biasanya kegiatan pedalangan adalah hanya Binojakrama dan Festival Dalang. “Saya ingin mencoba mengadakan kegiatan seperti ini dan kegiatan ini semata-mata inovasi mengingat para dalang remaja di Karawang tumbuh pesat. Kemudian para dalang muda khususnya dan Dalang Dewasa bisa tampil walaupun durasinya hanya beberapa menit,” katanya.

Ia juga turut mengucapkan selamat atas pemenang kegiatan tersebut. “Saya ucapkan selamat kepada para pemenang semoga lebih giat lagi, berinovasi dan berkreasi dalam menjadi Dalang. Kepada yang belum berhasil masih ada mentari esok pagi yang bersinar di ufuk timur, terus giat berlatih,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...