Imigrasi Karawang Segera Deportasi Lima Warga India yang Palsukan Dokumen

Karawang – Imigrasi Karawang segera deportasi lima orang warga negara India yang memalsukan dokumen keimigrasian. Hal itu dilakukan setelah mereka divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri (PN) Karawang.

“Empat orang mendapat hukuman denda. Sedang seorang lagi dihukum 7 bulan penjara. Imigrasi Karawang masih mempersiapkan dokumen deportasi,” ungkap Winarko, Kepala Imigrasi Karawang, pada Rabu (8/9/2021).

Ia menjelaskan, lima orang warga negara India sudah menjalani sidang di Pengadilan Negeri Karawang dan hakim sudah menjatuhkan vonis bersalah terhadap mereka.

“Empat orang dihukum denda dan menerima putusan hakim. Sedang yang satunya yaitu CSP (57) divonis 7 bulan penjara dan menyatakan banding,” katanya.

Menurut Winarko, karena empat sudah menerima putusan hakim, maka perkaranya dinyatakan inkrah dan pihak imigrasi akan memproses deportasi terhadap empat orang yaitu KS (21), RS (20), SS (40) dan DS (38).

“Sedangkan CSP karena mengajukan banding maka pihak imigrasi masih menunggu putusan banding,” katanya.

“Empat orang akan kita deportasi secepatnya sekarang sedang proses. Selain itu mereka juga sedang kita ajukan larangan masuk Indonesia,” tambahnya.

Berita sebelumnya Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang menangkap 5 orang warga negara India karena memalsukan dokumen keimigrasian. Pelaku memalsukan dokumen Imigrasi karena ingin berangkat ke Jepang melalui Indonesia. Namun aksinya berhasil di ketahui petugas imigrasi karena curiga dengan keberadaan pelaku.

Pemalsuan dokumen keimigrasian ini terungkap bermula ketika CSP belum memperpanjang Kitap ( kartu izin tinggal dan menetap). Kemudian petugas imigrasi mendatangi rumah CSP diwilayah Telukjambe. Saat sampai dirumah CSP petugas menemukan 4 orang India lainnya yang juga tinggal disana dalam kamar khusus. Petugas juga menemukan dokumen ke Imigrasian masih dalam bentuk blangko kosong. Lantaran curiga petugas langsung memeriksa seluruh ruangan dan menemukan lebih banyak lagi dokumen keimigrasian palsu. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...