Waspada Penyakit TBC

Karawang – Salah satu strategi Penanggulangan Tuberkulosis Nasional adalah dengan mewujudkan akses layanan yang bermutu. Dalam hal ini District Public Private Mix( DPPM) menjadi andalan meningkatkan cakupan layanan tuberkulosis di level daerah.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Karawang, dr. Hidayati M.Km disela-sela pelaksanaan acara Rapat Koordinasi Lintas Program dan Organisasi Profesi serta Sektor Dalam penanggulangan TBC di Karawang. Rakor dilaksanakan di Hotel Akhsaya, Kamis (21/10/2021) pagi.

Hidayati mejelaskan DPPM merupakan jejaring layanan yang melibatkan seluruh fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan kabupaten atau kota.

“DPPM maksudnya antara pemerintah dan swasta berkolaborasi untuk penanggulangan TBC. Dengan OPD sektoral seperti Diskominfo, DPUPR, Dinsos sampai tingkat kecamatan dan desa,” ungkap Hidayati saat diwawancarai.

Selain melibatkan semua jenis fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta, lanjut dia, DPPM juga harus menggandeng berbagai organisasi profesi seperti IDI, PDPI, IAI, IBI, PATELKI , dan lain sebagainya.

Ia menjelaskan, organisasi Profesi ini berperan dalam membina anggotanya untuk melaksanakan tatalaksana TB sesuai standar di tempat praktik masing-masing , sebagai praktisi ahli dalam pelayanan langsung pada pasien, dan melaporkan kasusnya ke dalam sistem pelaporan TB di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

“Organisasi profesi juga penting untuk mendorong terbentuknya jejaring layanan TB baik internal maupun eksternal di rumah sakit. Sebagai organisasi para ahli yang kompeten di bidangnya masing masing , mereka diharapkan dapat menjadi tenaga ahli atau narasumber dan menjadi bagian dalam tim PPM TB di kabupaten atau kota,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...