Edukasi Kesehatan Lansia Terhdap Program Vaksinasi Covid-19 Berbasis Konsep HBM


Karawang – Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), telah membuka program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Mengabdi Bersama agar Bangkit dan Berdaya”. Pada Kamis (7/9/2021).
Salah satu kelompok KKN yang dibimbing oleh Salman, SKM., M. Kes. Dan beranggotakan 18 mahasiswa yaitu Agung, Ajis, Wafi, Fipah, Firial, Harit, Richard, Bunga, Stephanie, Sintya, Rida, Siti, Helmy, Zuhdi, Atila, Chaca, Daffa, dan Fadil, ini melakukan edukasi terhadap lansia, dengan tujuan supaya para lansia melaksanakan vaksinasi.
Kelompok KKN dari UNSIKA ini membuka cek status gizi dan edukasi untuk para warga terutama lansia, di desa lemah makmur, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, lebih tepatnya di SDN LEMAH MAKMUR III. Serta Pada Sabtu (23/10/2021),Kelompok KKN dari UNSIKA menyelenggarakan edukasi vaksinasi.


“banyak warga yang berpartisipasi dalam kegiatan edukasi ini, walaupun tujuan kami mahasiswa ini adalah lansia, tapi mulai dari remaja sampai orang tua pun berdatangan, para mahasiswa memeriksa status kesehatan para warga, mulai cek gizi, pengukuran tinggi badan, berat badan dan hipertensi. Kegiatan edukasi ini pun berjalan sesuai protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, di sediakan hand sanitizer dan juga masker.” Tutur Agung selaku Ketua Kelompok KKN.


Edukasi ini pun mempunyai konsep berbasis Health Belief Model (HBM), yaitu model perubahan perilaku kesehatan yang dikembangkan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku yang berhubungan dengan kesehatan, khususnya dalam hal penggunaan layanan kesehatan.


Para mahasiswa KKN ini juga punya alasan tersendiri menggunakan konsep HBM, diwawancari langsung dari ketua kelompok KKN ini mas Agung “dikarenakan konsep Health Belief Model (HBM) telah menjadi perhatian para peneliti dan konsep ini merupakan formulasi konseptual untuk mengetahui persepsi individu apakah mereka menerima atau tidak tentang kesehatan mereka”.

Variabel yang dinilai meliputi keinginan individu untuk menghindari kesakitan, kepercayaan mereka bahwa terdapat usaha agar menghindari penyakit tersebut.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...