Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Fakultas Hukum UNSIKA Gelar Sosialisasi di Desa Baturaden

Karawang – Dosen Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di aula kantor Desa Baturaden, Kecamatan Batujaya pada hari selasa (17/11/2021).

Oci Senjaya, SH., MH selaku pemateri menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut selain mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tujuannya ialah agar masyarakat mengetahui bagaimana cara melakukan perlindungan anak terhadap prostitusi anak dan kekerasan pada anak.

“Saya mendalami terkait bidang pencegahan prostitusi anak serta memahami modus operandi prostitusi anak, dampak-dampak prostitusi anak serta kekerasan terhadap anak yang sangat marak terjadi di Kabupaten Karawang”. Terang Oci Senjaya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi terkait perlindungan anak masyarakat bisa menjaga serta mengawasi anak agar terhindar dari prostitusi anak maupun kekerasan pada anak.

Masyarakat juga bisa memahami bahwasannya sangat rentan dari kekerasan anak, dimana saat ini anak perlu mendapatkan perhatian terhadap hak-hak anak baik di lingkungan keluarga, sosial dan lingkungan sekolah.

“Sebagai penghargaan kepada anak, masyarakat harus di bekali pengetahuan seputar perlindungan anak, bahayanya prostitusi anak serta ancaman kekerasan pada anak yang marak dilakukan oleh oknum keluarganya sendiri ” tuturnya.

Tambahnya, “saya berharap masyarakat dapat berpartisipasi menciptakan semangat perlindungan terhadap anak di lingkungan masyarakat, karena Undang-Undang 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, menjamin perlindungan anak khususnya yang menjadi korban”. Ucapnya.

“Kalau ada yang menjadi korban, segera laporkan hubungi dinas-dinas terkait atau bisa hubungi aparat kepolisian setempat. Jadi jangan takut apabila terdapat kejadian terkait prostitusi anak di kemudian hari”.Tegasnya.

Jamal Rudin, S.Pd.I selaku Sekretaris Desa Baturaden & mewakili Pemerintah Desa Baturaden mengungkapkan rasa syukur & mengucapkan terimakasih civitas akademika UNSIKA yang telah melakukan sosialisasi terkait Perlindungan Anak.

Alhamdulillah kami selaku dari pemerintahan Desa Baturaden-Batujaya. Mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNSIKA yang telah mengadakan sosialisasi Perlindungan anak terhadap prostitusi anak dan kekerasan pada anak di Desa Baturaden-Batujaya,”tutup Pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...