Berikan Apresiasi kepada Media, Pertagas Komitmen Pacu Pengembangan Program CSR  Lebih Baik

JAKARTA – PT Pertamina Gas (Pertagas), perusahaan terafiliasi Subholding Gas Pertamina, berkomitmen untuk memacu pengembangan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) lebih baik lagi. Dukungan pemangku kepentingan, terutama media massa, dalam  menginformasikan pelaksanaan program-program CSR Pertagas mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan banyak program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemberitaaan positif di media massa mengenai program CSR Pertagas menjadi penyemangat kami dan seluruh Insan Pertagas untuk memacu pengembangan  program CSR agar penerima manfaat lebih banyak lagi,” ujar Fitri Erika, Corporate Secretary Pertagas, saat memberikan sambutan pada Penganugerahan Pemenang Pertagas CSR Creative Writing 2021 secara virtual, Jumat (19/11/2021).

Menurut Erika, media dan jurnalis adalah bagian penting dari keberhasilan Pertagas membangun dan mempertahankan brand image hingga kini. Kerja sama  positif dengan insan media melalui lomba penulisan  kreatif tentang CSR Pertagas diharapkan bisa  berlanjut terus.

“Media adalah  pilar keempat demokrasi.   Kritik dan saran dari media justru menjadi pelecut bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dalam pengembangan CSR,” ujarnya.

Pertagas CSR Writing Contest tahun ini diikuti lebih banyak jurnalis. Tak hanya  jurnalis dari media nasional berbasis di Jakarta, peserta juga datang dari media dari Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur. Para peserta menulis berita CSR terkait Pertagas secara mendalam dan menayangkan di media masing-masing.

“Saya mengucapkan selamat kepada pemenang, terima kasih atas keikutsertaannya pada kontens penulisan  CSR tahun ini,” ujarnya.

Erika menambahkan bahwa antusiasme peserta  Pertagas CSR Writing Contrest 2021 cukup tinggi. Tahun ini ada 51 naskah yang masuk ke panitia dibandingkan tahun lalu 32 naskah. Antusiasme peserta yang lebih besar diikuti dengan materi liputan yang beragam dan berwarna.

Menurutnya, banyak cerita yang digali dan yang sangat menarik dan menggambarkan situasi otentik. Ini tentu tidak lepas dari titik pandang jurnalis yang sebagian besar bersedia berkunjung ke lokasi CSR Pertagas di Cilamaya, Karawang; Prabumulih, Sumatera Selatan; Sidoarjo, Jawa Timur; dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia menyebutkan, semua karya adalah interaksi yang intens antara jurnalis dan para penerima manfaat CSR dan manfaat lanjutan dari program  ini.

Dalam kesempatan tersebut, Elok Riani Ariza, Manager Communciation, Relations & CSR Pertagas sekaligus Ketua Dewan Juri Pertagas CSR Writing Contrest 2021, mengumumkan enam pemenang  kontes penulisan dan lima karya favorit dewan juri. Dewan juri menetapkan lima parameter penilaian, yaitu ide dan gagasan, gaya penulisan, media tayang, pemilihan narasumber, dan penggunaan bahasa.

“Karya yang masuk mayoritas menginspirasi dan memberikan input positif bagi perusahaan,” ujarnya.

Keluar sebagai juara pertama adalah Dolly Rosana dari Antara Biro Sumatera Selatan dengan judul tulisan “Jejak Langkah Desa Wisata Lembah Dewi Sri”.  Juara kedua Anton Chrysbiantoro dari Koran Sindo dengan judul tulisan “Naik Kelas dengan Pendampingan Pertagas” dan juara ketiga Edwin Agustyan  dari Kaltim Post dengan tulisan berjudul “Kisah Kelompok Perempuan Matahari Binaan PT Pertagas Mendulang Rupiah di Tengah Pandemi, Andalkan Bahan Alami”.

Sementara itu, harapan satu adalah Euis Rita Hartati dari Investor Daily dengan judul tulisan  “Program Daya dari Hati Kala Sampah Menjadi Barang Bermakna”. Juara harapan kedua Muhammad Hidayat dari Wartabromo dengan judul tulisan “Mustahid, Local Hero yang Kelola Sampah  hingga Hasilkan BSF” dan juara harapan ketiga Ridwan Harahap dari OGIndonesia dengan judul tulisan “Kisah Mak Edah Pindal Kawat Cinta Demi Para Lansia” dan

Di luar enam pemenang, panitia juga  memberikan apresiasi bagi lima karya favorit, yaitu Ismail Usman (Tribun Kaltim), Herdiyan (Bisnis Indonesia),  Dwi Apriani (Media Indonesia), Rio Indrawan (Dunia Energi), dan Egenius Soda (Tambang).

“Mewakili manajemen Pertagas saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Jaya selalu untuk media di Indonesia,” ujar Elok.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...