Waspada Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Karawang – Hujan deras disertai angin kencang berpotensi menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengimbau warga untuk tetap waspada.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karawang, H. Yasin Nasrudin, S.Sos., mengatakan, berdasarkan Analisis dan Prospek Cuaca Mingguan di Wilayah Jawa Barat yang dikeluarkan oleh BMKG yakni kondisi dinamika atmosfer untuk wilayah Jawa Barat pada periode satu minggu terakhir dominan dipengaruhi oleh fenomena global yakni fenomena La Nina yang masih mengindikasikan adanya peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

“Kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari. Kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya,” paparnya ketika dikonfirmasi, (7/4/2022).

Untuk bencana angin putting beliung yang terjadi di dua wilayah Kabupaten Karawang yakni di Kecamatan Karawang Barat dan Pakisjaya pada Rabu (6/4/2022) sore kemarin, lanjut dia, pihaknya telah melakukan upaya assesment ke lokasi kejadian bersama Aparatur Desa, Muspika, Danposramil, PSM, Tagana dan KTP.

“Bantuan telah diberikan seperti logistik, selimut, peralatan dapur dan lain-lain. Untuk kerusakan yang terjadi di wilayah Pakisjaya ada dua rumah yang mengalami rusak berat dan di wilayah Karawang Barat satu rumah rusak berat, Alhamdulilah tidak ada koban jiwa maupun korban luka,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...