Indomusikgram Sukses Menjadi Wadah Musisi dan Pemusik di Media Sosial

Gilang Utama Ramadhan – Universitas Singaperbangsa Karawang

Oleh : Gilang Utama Ramadhan – Universitas Singaperbangsa Karawang

Indomusikgram dikatakan sukses dalam memberikan tempat bagi para musisi dan pemusik lainnya untuk berkarya di media sosial terutama dalam platform Instagram. Mulai dari musisi pemula hingga nasional bisa masuk ke dalam wadah yang muncul pada tahun 2014 tersebut.

Media sosial menjadi pilihan utama bagi para musisi untuk dapat menyampaikan karyanya baik berupa lagu ciptaan sendiri maupun cover lagu musisi lainnya. Kebebasan berekspresi dalam media sosial juga menjadi poin penting bagi pengguna internet untuk bisa mempromosikan sebuah karya atau produk sesuai keinginan mereka.

Salah satu platform media sosial yang seringkali menjadi tempat dalam menyampaikan sebuah karya yaitu platform Instagram. Tidak sedikit karya musik yang ada di dalam Instagram, mulai dari musisi pemula, nasional hingga internasional bisa mengakses Instagram dengan cukup bebas sebagai salah satu media bagi seluruh penjuru dunia.

Platform Instagram sebagai media sosial juga tidak luput dari berbagai komunitas, baik komunitas dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam bidang non akademik cenderung menjurus ke arah bidang seni salah satunya bidang musik. Sudah banyak komunitas sebagai wadah bidang musik di Instagram, salah satunya Indomusikgram.

Komunitas Indomusikgram ini muncul pada tahun 2014 yang digawangi oleh Christian Bong dan Anaknya Giovanni yang sama-sama berprofesi sebagai Produser Musik. Christian merupakan seseorang yang memiliki jiwa semangat berapi-api yang telah mendalami karir sebagai produser video dan produser musik. Sedikit berbeda dengan Christian Bong, Ananta lebih sedikit berbicara namun banyak ide kreatif darinya. Salah satu karyanya berhasil viral hingga level internasional yaitu Dat $tick bersama Rich Chigga.

Koneksi yang luas dari mereka membuat industri hiburan di Indonesia terutama dalam platform Instagram, di bulan Mei 2022 berhasil membawa Indomusikgram sukses meraih 1,9 juta pengikut da menjadi komunitas yang besar. Tidak hanya pengikut yang sangat banyak, tagar #indomusikgram pun tembus lebih dari 1 juta pengguna hingga pertumbuhan tagar paling sedikit 2000 tagar perharinya. Pencapaian yang tebilang sangat besar bagi sebuah komunitas virtual dalam platform Instagram.

Indomusikgram bagi Christian Bong sendiri yaitu sebagai media atau penghubung bagi masyarakat untuk bisa dikenal banyak orang dalam dunia hiburan terutama dalam bidang musik. Indomusikgram pun disebutnya sebagai platform one-stop cover artist.

Media penyalur hobi menjadi alasan Chritian Bong dan Ananta Giovanni dalam membuat Indomusikgram. Diawali dengan kegemaran mereka dalam membuat dan menonton video yang seiring berjalannya waktu semakin banyak platform untuk media semacamnya. Di Instagram sendiri sudah banyak perubahan sejak 2014 yang semula hanya bisa mengunggah video dengan maksimal durasi 1 menit hingga sekarang bisa sampai 10-30 menit ditambah dengan adanya fitur Reels Instagram yang mana fitur ini sedang di gemari banyak pengguna.

Hobi yang disalurkan dalam Indomusikgram ini disambut baik oleh para pengguna Instagram hingga pengikutnya terus bertumbuh hingga lebih dari 1 juta pengikut saat ini. Tentu dengan pengikut sebanyak itu menjadi bahan perbincangan bagi sebuah brand untuk mengiklankan sebuah produk di Indomusikgram sampai saat ini sudah banyak yang menaruh berbagai macam iklan di Indomusikgram.

Perkembangan teknologi di era industri 4.0 ini semakin menunjukkan bahwa teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Jika dibandingkan dengan era awal 2000an sangat jauh perkembangan teknologi yang ada saat ini tak terkecuali Komunitas Virtual yang semakin banyak muncul untuk meramaikan berbagai media di internet.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...