Tim Jabar Bergerak Hibahkan MCK Umum untuk Masyarakat Karawang

Karawang – Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Karawang, Tim Jabar Bergerak Kabupaten Karawang hibahkan 1 unit MCK umum tersertifikasi kepada Pemerintah Kabupaten Karawang dengan total anggaran sebesar Rp93 juta.

“Anggaran Rp93 juta tersebut bersumber dari CSR salah satu perusahaan,”kata Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Karawang, Razvi A. Hermawan, S.Kom., B.Eng., M.Kom. Kamis (19/5/2022).

“Kami atas nama Jabar Bergerak Kabupaten Karawang dan juga RT/RW yang mewakili warga masyarakat khususnya Kelurahan Karawang Wetan mengucapkan terimakasih kepada Jabar Bergerak Pusat yang telah menghibahkan MCK,”katanya.

Keberadaan MCK umum di lahan milik daerah, kata dia, sebagai percontohan ini tentu bakal memberikan dampak dan perilaku baik bagi warga masyarakat luas khususnya masyarakat sekitar.

“Diharapkan dengan adanya MCK ini, kami harap dapat bermanfaat bagi masyarakat karawang, khususnya kecamatan Karawang Timur, kelurahan Karawang Wetan, kampung sinarmulya RT 01 RW 21,”ujarnya.

Sementara itu, Dr Neneng Hayati selaku wakil ketua I aksi dan pengabdian masyarakat, mengungkapkan kolaborasi pembangunan MCK umum Jabar bergerak dengan salah satu perusahaan, total semuanya di Jawa Barat ada 8 titik termasuk di kampung sinarmulya RT 01 RW 21, kelurahan Karawang Wetan kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang.

“Pembangunan MCK ini semuanya ada 5 pintu lengkap dengan sumur bor, Septick Tank komunal yang memang layak secara kesehatan,”ucapnya usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan MCK.

Dr Neneng menyebut, alasan kenapa menghibahkan MCK pertama angka ODF di Jabar masih belum mencapai target. Sementara kita sekarang ini kita selalu bantu urusan vaksin, pengobatan, dan lainnya. Kemudian kami berpikir yang jarang tersentuh itu kesehatan lingkungan.

“Kesehatan lingkungan mulai jamban sehat, air bersih. Dengan adanya MCK ini diharapkan menjadi kebermanfaatan bagi masyarakat sehingga bisa meningkatkan angka ODF. Untuk perawatan akan dilakukan selam 3 tahun oleh pihak Hermina yang kolaborasi dengan Jabar Bergerak,” tambahnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...