Sederet Program Baznas Karawang

Komisioner Baznas Karawang

Karawang – Usai resmi dilantik oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana pada Jumat (20/5/2022), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karawang per hari ini melakukan silaturahmi dengan pengurus dan staf-staf untuk merancang kegiatan atau program yang akan digelar oleh pihaknya.

“Tadi kita silaturahim, ngobrol-ngobrol terus merancang kegiatan, mungkin dalam satu bulan kita akan buat program untuk satu tahun ke depan yang akan datang dan program yang dekat ini akan ada serah terima jabatan di hari Jumat dari yang lama ke yang baru,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Karawang, H. Karmin, Senin (23/5/2022).

Dia menuturkan, pada program yang pihaknya akan rancang nanti, akan ada pelatihan yang menyesuaikan dengan kebutuhan di era saat ini.

“Setiap pelatihan tentu harus ada dan tidak bisa dihindari baik bagi kami maupun pelaksana, perlu macam pola ilmu dan wawasan tentang Baznas, dan apalagi sekarang di era digital itu tidak bisa dianggap enteng karena bisa dibilang hal yang strategis atau pokok dan itu akan menjadi program yang akan kami gulirkan,” ucapnya.

Satu program yang akan digaungkan oleh pihaknya, lanjut H. Karmin, Baznas Provinsi Jawa Barat telah meluncurkan Aplikasi ZX yang nantinya akan disosialisasikan yang menyasar ke para muzzaki, munfiq dan mutashaddiq baik di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun umum yang ada di Kabupaten Karawang.

“Program yang digaungkan saat ini dari Baznas Provinsi ada program ZX, digitalisasi zakat yang nanti akan berhubungan dengan zakat, tidak hanya itu, di aplikasi tersebut juga bisa melakukan pembayaran listrik, pulsa, BPJS, termasuk PDAM dan lain-lain,” ujarnya.

“Kita akan merambak ke ASN dulu yang ada di pemda, kemudian nanti ke Kemenag, seluruh elemen ya yang nanti akan kita sosialisasikan atau kita garap, tujuannya untuk mempermudah, setelah program kita di Baznas Karawang terealisasi nantinya ZX ini akan kita gulirkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Baznas Kabupaten Karawang, H. Asep Abdullah Syafe’I menerangkan, pihaknya akan berdiskusi dengan Diskominfo Kabupaten Karawang untuk nantinya bisa berkolaborasi dalam memberikan informasi kepada warga Karawang untuk mensyiarkan program dari Baznas.

“Lebih difokuskan kepada syiarnya, maka dari itu dibutuhkan kerjasama dengan Diskominfo nanti, dalam artian fasilitas-fasilitas apa saja yang bisa kami sampaikan melalui penyiaran melalui radio atau media-media lain, kaitannya dengan zakat dan pengembangan terhadap ummat,” ungkapnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...