60 Peserta Tari Jaipong Tampil di Pasanggiri Tingkat Jawa Barat

Pembukaan pasanggiri tari Jaipong tingkat Jawa Barat

Karawang – Sedikitnya 60 peserta tari Jaipong di Jawa Barat mengikuti pasanggiri Jaipong Tunggal tahun 2022. Pasanggiri tersebut tingkat pelajar SD, SMP dan SMA yang dilaksanakan di Waroeng Lengkong, Jalan Siliwangi Kompleks Mako Dandim 0604 Kabupaten Karawang, Sabtu 28 Mei 2022.

Pasanggiri Jaipong Tunggal Tahun 2022 mengangkat tema “Mari Lestarikan Budaya Jaipong Asli Budaya Indonesia agar Jaya, Mulya, Tohaga, Juara Lahir dan Batin” dibuka oleh Ketua Yayasan Pusaka Kencana Jawara Karawang, Hj Popon Urmayanti, SPd sebagai penyelenggara perlombaan tingkat Jawa Barat.

Penampilan pasanggiri Jaipong tahun 2022

“Alhamdulillah, peserta yang mengikuti pasanggiri ini cukup banyak dari berbagai sanggar tari Jaipong. Baik di Kabupaten Karawang, Bekasi, Purwakarta dan Bandung,” kata Popon Urmayanti.

Tujuan diselenggarakan pasanggiri tari Jaipong, Popon menjelaskan agar seni tari asli Jawa Barat tetap lestari dan terjaga kebudayaan ini. Pasalnya, jangan sampai budaya asli Indonesia akan hilang oleh perkembangan zaman. Terlebih saat ini modernisasi dan dunia digital begitu pesat, jangan sampai budaya asing menghilangkan budaya warisan neneng moyang Indonesia.

“Maka itu, kami pengambil pesertanya dari kalangan pelajar agar tumbuh jiwa militan pada kebudayaan tari Jaipong,” katanya, seraya mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang terlibat dalam suksesi pasanggiri tari Jaipong.

Abu Isa, ketua pelaksana pasanggiri tari Jaipong menambahkan, dari puluhan peserta yang mengikuti pasanggiri juaranya satu, dua dan tiga dari tiap kategori. Nantinya, yang juara akan dibina langsung pihak Yayasan Pusaka Kencana Jawa Karawang untuk tampil di acara Hari Jadi Kabupaten Karawang September 2022.

“Yang belum juara jangan berkecil hati, tetap latihan. Dan yang juara terus tingkatkan lagi,” kata Abu Isa. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...